Thursday, 8 Rabiul Akhir 1441 / 05 December 2019

Thursday, 8 Rabiul Akhir 1441 / 05 December 2019

Pelantikan Pengurus Perwakilan Al Washliyah Luar Negeri

Selasa 03 Dec 2019 18:45 WIB

Rep: Maman Sudiaman/ Red: Agus Yulianto

Ketua Umum PB Al Washliyah DR Yusnar Yusuf Rangkuti melantik pengurus perwakilan Al Washliyah Luar Negeri untuk Eropa dan Inggris Raya yang berpusat di London.

Ketua Umum PB Al Washliyah DR Yusnar Yusuf Rangkuti melantik pengurus perwakilan Al Washliyah Luar Negeri untuk Eropa dan Inggris Raya yang berpusat di London.

Foto: Foto: Istimewa
Seluruh pengurus yang berjumlah 25 orang adalah wanita.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 1 Desember 2019, bertepatan dengan HUT Al Washliyah ke-89, dilakukan pelantikan perwakilan Al Washliyah Luar Negeri untuk Eropa dan Inggris Raya yang berpusat di London.

Pelantikan kali ini cukup istimewa karena dapat dihadiri oleh Ketua Umum PB Al Washliyah DR Yusnar Yusuf Rangkuti, Ketua PB Abdul Mun'im SHMH, Sekjen PB Masyhuril Khamis MM, masing-masing didampingi oleh isteri, dan Bendum PB Raditya. Dikatakan Abdul Mun'im, susunan pengurus yang dilantik seluruhnya berjumlah 25 orang terdiri dari, penasehat, pengurus harian dan anggota. "Semuanya wanita," kata dia dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (3/12). 

Terbentuknya Perwakilan Al Washliyah Luar Negeri ini adalah hasil perintisan yang dilakukan oleh Ketua PB Abdul Mun'im SHMH dengan Ibu Afrahul Fadhilah asal Medan, yang sudah lama tinggal di London. "Kini, dalam susunan kepengurusan beliau ditunjuk menjadi penasehat. Terpilih menjadi Ketua HJ Maryati Misenah," ujar Abdul Mun'im. 

photo
Pelantikan pengurus perwakilan Al Washliyah luar negeri (Foto: Istimewa)

Dalam prosesi pelantikan tersebut, SK Pengurus dibacakan oleh Ketua PB Abdul Mun'im SHMH dengan memanggil semua pengurus ke depan yang berbaris rapi dan telah mengenakan kerudung seragam hijau Al Washliyah. Acara diawali dengan mengenalkan dan menjelaskan secara singkat tentang sejarah dan amal ittifaq Al Washliyah, serta apa yang menjadi tujuan dan ciri khas Al Washliyah.

Selanjutnya, Ketua Umum PB DR Yusnar Yusuf melantik dengan membacakan bai'ah, diikuti oleh semua pengurus, dilanjutkan dengan pengarahan. Usai dilantik, para undangan yang hadir maju ke depan untuk menyalami memberikan ucapan selamat satu persatu kepada pengurus yang baru dilantik.

Acara ini sekalgus mempringati Maulid Nabi Muhammad SAW, 1440 H, dan Ulang Tahun Al Washliyah ke-89 (1930-2019). Dalam acara ini sebagai Qori DR Yusnar Yusuf yang membacakan Alquran dengan alunan suara dan lagu yang syahdu dan lembut, menyejukkan hati para hadirin.

Bertindak sebagai Muballigh Ustad Masyhuril Khamis. Dia mampu membangun suasana ceria dan memberi kesan meriah, terasa akrab, hangat dan santun. Dalam ceramahnya, Khomis menjelaskan tentang akhlak Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan keteladanan bagi kehidupan kaum Muslimin sejak 14 abad yang lalu hingga saat ini.

Perwakilan masyarakat, Hamim Saf asal Betawi, bertindak sebagai pembaca doa. Dia menyatakan, kagum atas kehadiran Perwakilan Al Washliyah di London mulai saat ini. 

Beliau memperhatikan sejak pertama acara pelantikan berlangsung, dengan susunan pengurus yang lengkap, dihadiri oleh delegasi para petinggi PB. Al Washliyah yang datang dari Jakarta dan Jerman, telah mampu membangun suasana keakraban dan kekeluargaan. "Insya Allah ini suatu pertanda baik bagi syiar Islam di Eropa, khususnya di Inggris Raya," tuturnya.

Usai acara pelantikan, DR Yusnar Yusuf masih diminta lagi beberapa hari ke depan untuk berceramah di berbagai tempat. Sehari sebelumnya, setelah mendarat di London, dengan menempuh penerbangan lebih dari 15 jam dari Jakarta, dia dan rombongan langsung menuju satu tempat untuk berceramah bagi komunitas Indonesian lslamic Cummunity (IIC) di London.

"Sejak kedatangan delegasi, aacara berlangsung khidnat, dan sampai diturunkan tulisan ini semua berjalan mulus, senang srkali hati saya," kata Ustazah Afrahul Fadhilah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA