Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Jokowi Tegaskan Pemerintah Masih Moratorium Pemekaran

Senin 02 Dec 2019 16:37 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Foto: Antara/Nyoman Hendra Wibowo
Pemerintah akan menampung aspirasi dari masyarakat terkait usulan pemekaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemerintah masih memberlakukan moratorium pemekaran wilayah baru. Kendati demikian, lanjutnya, pemerintah masih akan menampung berbagai aspirasi dari masyarakat terkait usulan pemekaran.

"Sampai saat ini, urusan pemekaran itu masih moratorium, tapi kalau ada aspirasi-aspirasi dari bawah, misal dari Provinsi Papua, baik Papua Selatan, Papua Tengah, di Pegunungan Tengah saya kira silakan. Namanya aspirasi dari bawah. Silakan. Tapi sekali lagi, sampai saat ini kita masih moratorium," ujar Jokowi saat berbincang dengan awak media di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/12). 

Jokowi mengatakan, berbagai aspirasi terkait pemekaran wilayah baru juga telah disampaikan ke Menteri Dalam Negeri. Namun, ia menegaskan, pemerintah perlu melakukan kajian dan perhitungan yang mendalam terkait hal ini. 

Baca Juga

"Aspirasi-aspirasi itu sudah disampaikan ke mendagri, tapi tentu ada kajian-kajian, perhitungan-perhitungan yang mendalam rangka untuk perbaikan bersama, perbaikan negara, perbaikan Papua," kata Jokowi.

Sebelumnya, saat bertemu dengan perwakilan masyarakat adat Pegunungan Tengah Papua di Wamena, Presiden menerima aspirasi pemekaran di wilayah Pegunungan Tengah. Namun, usulan ini kemudian ditolak oleh Majelis Rakyat Papua (MRP).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA