Thursday, 8 Rabiul Akhir 1441 / 05 December 2019

Thursday, 8 Rabiul Akhir 1441 / 05 December 2019

Sosiolog: Perbanyak Fasilitas Publik Ramah Difabel

Selasa 03 Dec 2019 19:13 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Rancangan jembatan penyeberangan ramah difabel. Ilustrasi

Rancangan jembatan penyeberangan ramah difabel. Ilustrasi

Foto: Republika/Dadang Kurnia
Hari Disabilitas Internasional jadi momen tingkatkan perhatian pada kaum difabel.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Pemerintah daerah perlu terus memperbanyak fasilitas publik yang ramah bagi kaum difabel. Itu diungkapkan sosiolog dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Tyas Retno Wulan.

"Terus tingkatkan dan perbanyak fasilitas publik yang ramah bagi para penyandang disabilitas," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa (3/12).

Dia mencontohkan pemerintah daerah bisa memperbanyak pembangunan trotoar yang ramah bagi penyandang disabilitas.

"Dengan demikian dampak pembangunan daerah akan dapat dirasakan semua lapisan masyarakat termasuk para penyandang disabilitas," katanya.

Dia mengatakan peringatan Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember setiap tahun perlu menjadi kesempatan untuk meningkatkan perhatian kepada kaum difabel.

"Peringatan hari disabilitas dapat menjadi momentum untuk meningkatkan perhatian dan perlindungan bagi kaum difabel, dengan demikian pembangunan fasilitas publik yang ramah dapat menjadi salah satu upayanya," katanya.

Dia menambahkan para penyandang disabilitas harus memperoleh hak dan kewajiban yang sama dengan warga negara yang lain.

"Selain itu yang tidak kalah penting, momentum ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran kepada masyarakat bahwa masih banyak kaum difabel yang membutuhkan perlakuan yang setara dengan masyarakat pada umumnya," katanya.

Dia berharap, peringatan Hari Disabilitas dapat menjadi kesempatan semua pihak berperan aktif dalam memperjuangkan hak-hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas di semua sektor pembangunan.

"Dengan demikian diharapkan aksesibilitas bagi difabel terpenuhi dalam segala bidang dan sektor pembangunan di tanah air," katanya.

Dia mengatakan upaya untuk terus meningkatkan perhatian kepada para pengandang disabilitas bukan hanya menjadi tugas pemerintah melainkan menjadi tugas seluruh elemen masyarakat. "Mari bersama-sama meningkatkan perhatian bagi para penyandang disabilitas," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA