Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Keamanan Siber Masih Belum Dianggap Prioritas

Sabtu 30 Nov 2019 03:11 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Keamanan TI Masih Belum Dianggap Prioritas. (FOTO: WE)

Keamanan TI Masih Belum Dianggap Prioritas. (FOTO: WE)

Di era digital, keamanan siber merupakan hal yang penting

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- Di era digital,  keamanan siber merupakan hal yang penting dalam menjalankan bisnis, namun tampaknya belum menjadi prioritas, padahal ancaman nyata selalu terbuka bagi para pelaku bisnis.

Hal itu dikatakan Kalamullah Ramli, Guru Besar Teknik Koputer Universitas Indonesia (UI) sebagai Ketua Dewan Juri Top Digital Awards 2019 saat menyampaikan sejumlah temuan penting terkait implementasi TI dan transformasi digital yang diperoleh dewan juri dari para peserta (perusahaan) di Jakarta (27/11).

Menurutnya, dalam era digital saat ini seharusnya serangan terhadap sistem IT harus diwaspadai.  Aktivitas operasional jangan sampai terganggu atau bahkan berhenti, hanya karena sistem keamanan TI masih lemah. 

"Bahkan sebagian peserta  masih fokus pada pengembangan aplikasi dan hanya menyediakan server room. Belum semua perusahaan didukung data center. Padahal di era digital ini  data center mutlak diperlukan. Apalagi jika sudah masuk ke sistem industri 4.0, tentu big data dan data analytic akan memerlukan data center yang andal," ujarnya.

Selain itu terkait sinkronisasi dan integrasi aplikasi yang digunakan oleh berbagai kementerian dan lembaga termasuk pemerintah daerah masih terkendala banyak hal. Ia menyarankan perlu ada kebijakan yang memaksa berjalannya kebijakan satu data.

Masing-masing instansi cenderung mengembangkan sendiri aplikasi dan solusi digital. Karenanya, sering terjadi permasalahan ketika dilakukan integrasi dari banyak solusi. "Sebenarnya, keunggulan solusi digital di salah satu instansi dapat diduplikasi di instansi lain, sehingga meminimalkan biaya investasi pengembangannya."

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA