Kamis, 8 Rabiul Akhir 1441 / 05 Desember 2019

Kamis, 8 Rabiul Akhir 1441 / 05 Desember 2019

Dokumen Warisan RI Butuh Big Data Storage

Rabu 04 Des 2019 02:40 WIB

Red: Agung Sasongko

Arsip warisan RI. Foto (Ilustrasi)

Arsip warisan RI. Foto (Ilustrasi)

Foto: Antara/Wahyu Putro A
Penyimpanan dokumen warisan RI butuh perhatian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama Perum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara, Meidyatama Suryodiningrat menjelaskan bahwa ada sejumlah dokumen warisan (heritage) Republik Indonesia (RI) masih tersimpan di arsip Antara.

Menurut pria yang disapa Dimas itu, perlindungan dokumen heritage menjadi salah satu aspek yang perlu diperhatikan jika nanti diterapkan kebijakan penyimpanan data besar (big data storage) untuk mendukung riset pemerintah.

"Seperti diketahui, dimana-mana masih terjadi perdebatan kalau itu bisa disimpan dicloud (awan). Jadi, sampai saat ini, kami masih menyimpan secara lokal," ujar Dimas saat rapat dengar pendapat di Komisi I DPR Jakarta, Selasa.

Dimas mengatakan kalau server penyimpanan Antara ada dua, satu server di Wisma Antara di Jalan Medan Merdeka Selatan dan satu lagi di Bogor Jawa Barat sebagai cadangan (backup).

Namun, mengingat dokumen yang ada sangat banyak, saat ini di rapat direksi masih dipertimbangkan apakah mau beralih ke awan atau tidak, mengingat ada aspek warisan (heritage) tadi.

Mendengar penjelasan tersebut, anggota Komisi I DPR RI Muhammad Farhan tertarik bertanya apakah jika dokumen foto, apakah negatif fotonya serta bentuk fisik foto juga masih tersimpan?

Dimas menjawab, masih. Bahkan foto-foto sejarah dari tahun 1940-an juga ada.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA