Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Ada Enam Balita di Kota Bekasi Mengidap HIV

Rabu 04 Dec 2019 03:11 WIB

Rep: Muhammad Riza/ Red: Muhammad Hafil

HIV/AIDS (Ilustrasi)

HIV/AIDS (Ilustrasi)

Foto: Flickr
Pemkot Bekasi melakukan pemeriksaan di sejumlah faskes.

REPUBLIKA.CO.ID,BEKASI -- Dinas Kesehatan Kota Bekasi menemukan enam balita mengidap HIV. Kasus tersebut ditemukan dalam kurun dua tahun, tahun 2018 terdapat empat balita, sementara tahun ini terdapat dua balita yang ditemukan mengidap HIV.

Baca Juga

Di sisi lain, lembaga swadaya masyarakat, Rumah Sebaya menghitung, secara keseluruhan terdapat 19 balita yang mengidap HIV. Angka tersebut merupakan jumlah balita yang didampingi oleh Rumah Sebaya untuk berobat ke rumah sakit.

Berdasarkan data Analisis dan Situasi HIV/aids">AIDS Dinas Kesehatan Kota Bekasi sampai dengan Agustus 2019, dalam jangka waktu 15 tahun (2004-2019), terdapat 5.142 orang pengidap HIV di Kota Bekasi. Dari jumlah tersebut, setidaknya terdapat 1.406 orang pengidap AIDS.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Dezi Syukrawati mengatakan, pihaknya telah menemukan enam balita pengidap HIV. Kasus tersebut ditemuka pada tahun 2018 (empat kasus) dan tahun 2019 (dua kasus). "Ada yang baru diketahui status HIV-nya ketika ada sakit yang lain," kata Dezi saat dihubungi Republika kemarin.

Sementara itu, secara keseluruhan, Dinkes Kota Bekasi menemukan 554 pengidap HIV baru pada tahun 2017. Kemudian pada tahun 2018, angka tersebut turun menjadi 360 orang. Terakhir, pada tahun 2019, hingga bulan Juli setidaknya terdapat 145 pengidap HIV baru.

Sedangkan kasus AIDS, Dezi menyebutkan, pihaknya menemukan 15 pengidap baru di tahun 2017. Kemudian di tahun 2018, pihaknya menemukan tujuh pengidap AIDS baru. Sedangkan pada tahun ini, pihaknya belum menerima laporan terkait adanya pengidap AIDS baru.

Dengan data tersebut, Dezi mengaku, pihaknya telah berhasil menurunkan angka penderita HIV/AIDS baru. Menurutya hal itu merupakan hasil dari sosialisasi yang gencar dilakukan oleh Pemkot Bekasi bersama beberapa komunitas penggiat.

Selain melakukan sosialisasi, Dinkes Kota Bekasi juga melakukan tes HIV yang di beberapa fasilitas pelayanan kesehatan di Kota Bekasi. Tes tersebut telah dilakukan di 42 puskesmas dan delapan rumah sakit, baik pemerintah maupun. "Fasyankes PDP (Perawatan Dukungan Pengobatan) yang ada di Kota Bekasi, adalah PDP yang ada di RSUD Chasbullah Abdul Majid, RS Ananda Bekasi dan RS Elishabeth," ujar dia.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA