Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Selain Diminta Jadi Ketum Golkar, Airlangga Didorong Nyapres

Rabu 04 Dec 2019 16:59 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Teguh Firmansyah

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto memberikan keterangan pada awak media di Musyawarah Nasional (Munas) X Golkar di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta, Rabu (4/12).

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto memberikan keterangan pada awak media di Musyawarah Nasional (Munas) X Golkar di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta, Rabu (4/12).

Foto: Republika/Arif Satrio Nugroho
Airlangga menyebut usulan menjadi capres sekada aspirasi kader.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar yang hadir di Musyawarah Nasional (Munas) mendukung Airlangga Hartarto sebagai calon ketua umum. Di samping itu, hampir semua ketua DPD yang mendukung Airlangga menyuarakan agar Airlangga mau menjadi capres di Pemilu mendatang.

Airlangga menanggapi santai usulan itu. Ia menyebut, usulan itu sekadar aspirasi dari para kader. "Itu aspirasi. Ini (usulan capres) akan dibahas dalam munas," ujar Airlangga di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (4/12).

Airlangga mengatakan, usulan dan aspirasi akan dibahas di munas. Selain itu, usulan ini juga masih dibicarakan dengan para senior Golkar.

"Kan senior Partai Golkar ikut berbicara dengan daerah, bersilaturahmi dengan daerah. jadi tentu para senior mendengar aspirasi dari seluruh daerah, dan secara formal disampaikan dalam forum munas," ujar Airlangga.

Ketua DPD Golkar Jawa Barat yang juga loyalis Airlangga Dedi Mulyadi mengatakan, Golkar punya alasan untuk mengusung Airlangga sebagai presiden. Namun, untuk benar-benar merealisasikannya, maka perlu kerja keras Golkar.

"Dan kalau kita siapkan secara baik lima tahun ke depan tentu banyak hal yang bisa kita berbuat. Ini bagian dari sebuah desain strategi Golkar untuk bangkit kembali menjadi pemimpin eksekutif di negeri ini," ujar dia.

Sejumlah Ketua DPD Tingkat I sudah mulai menyampaikan dukungan pada Airlangga Hartarto untuk kembali duduk sebagai Ketua Umum Golkar dalam agenda pemandangan umum Munas Partai Golkar pada Rabu (4/12).

Ketua DPD Sulawesi Utara Tetty Paruntu menyampaikan dukungan untuk Airlangga. Ia menyebut, 15 DPD II di Sulawesi Utara menyetujui Airlangga untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum. Bahkan, Tetty mendorong Airlangga untuk menjadi Capres di tahun 2024.

Ketua DPD Jabar Dedi Mulyadi menyebutkan, 27 DPD II di Jabar bulat mendukung Airlangga. "Airlangga harus bersedia jadi ketum dipilih dan ditetapkan," ujar dia.

Ketua DPD Sumatra Utara Ahmad Doli Kurnia juga menegaskan dukungan untuk Airlangga. Ia menegaskan, 33 kabupaten/kota juga mendukung Airlangga kembali menjabat sebagai orang nomor satu Golkar. "Kita utamakan ketum kita Bapak Airlangga Hartarto," ucap Doli.

Dari Gorontalo, Rusli Habibie menegaskan dukungan enam Ketua DPD Golkar se-Gorontalo untuk mendukung Airlangga. "Memohon kepada beliau bersedia kami calonkan lagi jadi ketum. Kami akan berusaha beliau jadi calon presiden 2024 agar kita tidak habiskan waktu mendorong kader lain," ujarnya.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA