Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Asman Abnur Siap Bersaing Rebut Kursi Ketum PAN

Rabu 04 Dec 2019 19:01 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ratna Puspita

Mantan menteri pemberdayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi indonesia yang juga Wakil Ketua Umum PAN  Asman Abnur, menyatakan siap maju sebagai calon ketua umum PAN, di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (4/12).

Mantan menteri pemberdayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi indonesia yang juga Wakil Ketua Umum PAN Asman Abnur, menyatakan siap maju sebagai calon ketua umum PAN, di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (4/12).

Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Asman Abnur tak gentar harus menghadapi Zulkifli Hasan dan Hanafi Rais.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan menteri pemberdayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi indonesia Asman Abnur mengaku siap bersaing dengan kandidat lain untuk mendapatkan kursi ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN). Asman mengaku tak gentar harus menghadapi calon pejawat, Zulkifli Hasan, dan putra Amien Rais, Hanafi Rais.

Baca Juga

"InsyaAllah namanya demokrasi prosesnya harus siap. Pilkada aja siap pileg yang kemarin keras aja kita siap," ujar Asman di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (4/12).

Wakil Ketua Umum PAN itu mengaku dirinya telah didukung oleh sejumlah DPD untuk maju sebagai ketua umum. Namun, Asman enggan menyebut angka dukungan untuk dirinya.

"Saya datang ke DPD mereka masih welcome semua. Jadi tidak ada merasa mengelak atau tidak mau ketemu, semuanya masih terbuka," ujar Asman.

Terkait adanya kabar yang menyebut bahwa sejumlah DPD dan DPW ditekan untuk memilih pejawat, Zulkifli Hasan, ia mengaku baru mendengar hal tersebut. Namun, menurutnya, kabar tersebut tidak benar karena situasi internal PAN berlangsung dengan baik.

"Tidak terjadi, kalau berita kan bisa aja berita. Tapi kalau yang saya rasakan di lapangan, tidak. Buktinya saya ke daerah mereka welcome semua kan, kecuali mereka menghindar atau lari," ujar Asman.

Untuk visi, misi, dan programnya sebagai calon ketua umum, Asman mengaku belum membahasnya. Sebab, ia akan membicarakan hal tersebut dengan sejumlah pihak dalam menentukan langkahnya ke depan.

"Yang jelas kader itu punya hak untuk maju, kedua apa yang menjadi target pasti masing-masing kandidat punya program. Kalau program nanti dibicarakan, tidak sekarang," ujar Asman.

Diketahui, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengungkapkan saat ini sudah ada sejumlah nama yang diisukan maju dalam kontestasi. Ia menyebut, sudah ada enam nama yang diisukan maju.

Keenamnya, yaitu mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (MenPAN-RB) Asman Abnur dan Wakil Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap.

Serta, Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketua Fraksi PAN di DPR Hanafi Rais, dan Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Drajat Wibowo. Serta, Ketua Umum PAN saat ini Zulkifli Hasan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA