Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Pemenang Kongres PAN Tergantung Amien Rais

Kamis 05 Dec 2019 08:03 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Ratna Puspita

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais

Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
'PAN saham terbesarnya ada di Amien Rais. Jadi, bagaimana arah Amien Rais.'

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin, siapa yang menjadi ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) tergantung pada pilihan Amien Rais. Ia menilai Amien masih memiliki pengaruh paling besar di PAN.

"Kalau PAN saya melihat, ya, tergantung. Ada kelompoknya Zul ada kelompoknya Drajad. Sekarang kan PAN saham terbesarnya ada di Amien Rais, jadi sekarang bagaimana arah Amien Rais itu ke mana?" kata Ujang saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (4/12).

Menariknya, kata Ujang, baik Zulkifli Hasan maupun Drajad Wibowo memiliki kedekatan dengan Amien Rais. Artinya, jika Amien Rais menghendaki Zulkifli kembali menduduk kursi ketua umum maka tidak akan ada masalah. 

Begitu juga sebaliknya, jika Drajad yang dipilih juga tidak masalah. Hanya, Amien menitipkan putranya, Hanafi Rais untuk menjadi sekretaris jenderal (sekjen) PAN pada periode berikutnya.

"Apakah memang mendukung Zul lagi atau Drajad semuanya tidak ada kendala. Jadi saat ini, Amien Rais sedang mencari pola," terangnya.

Ujang menambahkan, PAN berbeda dengan Partai Golkar yang mendapatkan intervensi dari pemerintah. PAN justru akan terbebas dari tekanan istana pada Kongres nanti. Kerena tekanan pemerintah kepada PAN sudah berakhir ketika pemilihan presiden (pilpres) 2019 lalu. 

Ketika itu, awalnya Zulkifli ingin PAN berada di gerbong pemerintah, sementara Amien Rais menghendaki sebaliknya. Walhasil, PAN pun keluar dari koalisi pemerintah dan mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Jadi memang intervensi PAN di pemerintah itu hampir tidak ada. Karena bagi Jokowi ambil yang lain buang yang lain. Bisa saja ambil Golkar, dan PAN dibiarkan dengan manuvernya," ucap Ujang.

Rencananya pada Jumat (6/12) PAN akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas). Dalam Rakernas nanti, akan membahas mengenai Kongres PAN untuk pemilihan ketua umum partai.

Kongres 2020 untuk memilih ketua umum PAN masih beberapa bulan lagi. Saat ini, nama-nama kandidat yang sudah beredar mulai dari Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, Drajad Wibowo, Asman Abnur, dan Bima Arya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA