Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Bos Sinar Mas Telah Tiada, Keluarganya Tetap Berjaya!

Sabtu 07 Dec 2019 09:01 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Bos Sinar Mas Telah Tiada, Keluarganya Tetap Berjaya!. (FOTO: Istimewa)

Bos Sinar Mas Telah Tiada, Keluarganya Tetap Berjaya!. (FOTO: Istimewa)

Keluarganya kantongi kekayaan 9,6 miliar dolar AS atau setara Rp 135,1 triliun.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Baca Juga

Majalah Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia yang paling baru. Dalam daftar, Widjaja Family, yang tak lain merupakan keluarga Eka Tjipta Widjaja, pendiri Sinar Mas menempati posisi kedua.

Meskipun Eka telah meninggal dunia pada Januari 2019 lalu, kekayaannya tetap berjaya. Keluarganya mengantongi kekayaan sebesar 9,6 miliar dolar AS atau setara Rp 135,1 triliun.

Pengusaha yang memiliki nama kecil Oei Ek Tjhong itu muncul dalam daftar miliarder di Indonesia pertama kali pada 1991. Pada saat itu, Eka Tjipta merupakan salah satu orang dari tiga miliarder Indonesia yang masuk dalam daftar orang terkaya saat itu. Dua di antaranya Liem Sioe Liong dan William Soeryadjaya.

Baca Juga: wartaekonomi.co.id/read260177/3-konglomerat-tutup-usia-warisan-triliunan-rupiah-jatuh-ke-tangan-keluarga.html">3 Konglomerat Tutup Usia, Warisan Triliunan Rupiah Jatuh ke Tangan Keluarga

Sinar Mas sekarang menjadi salah satu grup bisnis terbesar di Indonesia, yang bergerak di berbagai sektor, seperti pulp dan kertas, agribisnis dan food, keuangan, developer dan real estate, telekomunikasi, energi dan infrastruktur, serta kesehatan dan pendidikan.

Asia Pulp and Paper (APP) misalnya, memiliki operasi di seluruh Indonesia dan China yang menjual produk-produknya di lebih dari 120 negara yang ada di enam benua.

Eka mengawali kariernya dari nol, dan merupakan imigran dari China yang datang ke Indonesia pada 1932. Widjaja yang lahir di Quanzhou, China ini mendirikan pabrik kertas pertamanya pada tahun 1972, dengan nama Tjiwi Kima.

Baca Juga: Terbaru! Ini Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia 2019

Pada tahun yang sama, ia mulai menjalankan protek real estatenya PT Duta Pertiwi Tbk yang merupakan anak perusahaan dari PT Bumi Serpong Damai Tbk. Sekarang menjadi salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia berdasarkan kapitalisasi pasar.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA