Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Zulhas Diklaim Telah Didukung 30 DPW PAN

Senin 09 Dec 2019 02:19 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ratna Puspita

Wakil Ketua Umum PAN Totok Daryanto

Wakil Ketua Umum PAN Totok Daryanto

Foto: DPR RI
Waketum PAN mengatakan, itu hanya aspirasi dan tanpa pernyataan dukungan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang pemilihan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) pada Kongres di 2020 nanti, persaingan antara para calon mulai tampak. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan diklaim telah mengantongi suara dari 30 DPW.

Baca Juga

"Itu memang aspirasi mereka, semoga saja semua pihak bisa memahami realitas yang berkembang di kader PAN," ujar Wakil Ketua Umum PAN Totok Daryanto saat dikonfirmasi, Ahad (8/12).

Ia menegaskan, itu hanyalah aspirasi dari DPW yang menyatakan mendukung Zulhas. Totok mengatakan, tidak ada pernyataan dukungan secara tertulis ataupun tekanan untuk memilih salah satu calon.

"Jadi kita harus bijak, kalau ada aspirasi ya tentu harus kita dengarkan terlebih dahulu," ujar Totok.

Terkait restu dari Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Totok enggan menyebut arah dukungan dari mantan Ketua MPR itu. Namun, ia menegaskan bahwa semua pihak akan menerima sosok yang memang terpilih sebagai Ketua Umum PAN periode berikutnya.

"Pak Amien seorang tokoh yang sangat demokratis. Kalau sudah diputuskan sudah jadi, ya pasti sama-sama kita lah (mendukung)," ujar Totok.

Diketahui, Kongres rencananya akan digelar pada Maret 2020 untuk memilih Ketua Umum PAN periode selanjutnya. Saat ini sudah ada enam nama yang diisukan maju dalam kontestasi.

Keenamnya, yaitu mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (MenPAN-RB) Asman Abnur dan Wakil Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap.

Serta, Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketua Fraksi PAN di DPR Hanafi Rais, dan Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Drajat Wibowo. Serta, pejawat Ketua Umum PAN saat ini, Zulkifli Hasan.

"Semua punya hak dan kewajiban yang sama dan semua memiliki tujuan yang sama, yaitu menggembalikan PAN sebagai jati dirinya, membesarkan partai," ujar Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA