Minggu, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 Februari 2020

Minggu, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 Februari 2020

Sultra Jadi Kandidat Kuat Tuan Rumah Kongres PAN

Senin 09 Des 2019 07:21 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ratna Puspita

Wakil Ketua Umum PAN Totok Daryanto

Wakil Ketua Umum PAN Totok Daryanto

Foto: Republika/Prayogi
Sultra jadi kandidat terkuat karena merupakan wilayah pemenangan PAN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak sembilan provinsi telah mengajukan diri untuk menggelar Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) pada Maret 2020. Wakil Ketua Umum PAN Totok Daryanto menyebut Sulawesi Utara menjadi kandidat terkuat tuan rumah Kongres PAN.

Baca Juga

Ia menjelaskan, Sulawesi Tenggara menjadi kandidat terkuat karena di provinsi tersebut merupakan wilayah pemenangan PAN. Selain itu, sarana dan prasarana di sana dinilai baik untuk menggelar Kongres.

"Di sana tepat karena memenuhi kriteria untuk menggelar Kongres, karena menang. Selain itu, bukan juga daerah salah satu calon ketua umum," ujar Totok lewat pesan singkat, Ahad (8/12).

Selain itu, ia juga membenarkan adanya aspirasi untuk tak menggelar Kongres di daerah asal calon ketua umum. Agar saat pemilihan ketua umum tak menimbulkan gesekan, dipilihlah tempat yang netral.

"Kalau ada aspirasi tentu kita dengarkan, bahwa tempat kongres itu harus netral. Supaya tidak ada gesekan saat digelarnya kongres," ujar Totok.

Diketahui, terdapat sembilan lokasi yang akan menjadi kandidat Kongres PAN pada awal 2020 mendatang. Sembilan lokasi tersebut yakni Sumut, Sumbar, Lampung, DKI Jakarta, Yogya, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Papua, Kalimantan Selatan.

Kongres rencananya akan digelar pada Maret 2020, untuk memilih Ketua Umum periode selanjutnya. Saat ini, sudah ada enam nama yang diisukan maju dalam kontestasi.

Keenamnya, yaitu mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (MenPAN-RB) Asman Abnur dan Wakil Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap. Serta, Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketua Fraksi PAN di DPR Hanafi Rais, dan Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Drajat Wibowo. Serta, pejawat Ketua Umum PAN saat ini, Zulkifli Hasan.

DPP partai memastikan bahwa kontestasi akan berjalan dengan rukun dan baik. Sebab, berdasarkan pengalaman sebelumnya, kontestasi selalu berjalan dengan baik, tanpa adanya perpecahan.

"Jadi suasana tertib aman itu adalah merupakan bagian dari proses politik di PAN. Kami di SC akan terus melakukan kerja-kerja sesuai dengan AD/ART partai yang ada," ujar Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA