Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Pemrov Suleng Siapkan 500 Tiket Gratis Mudik Nataru

Sabtu 07 Dec 2019 16:42 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Para pemudik sedang bergegas naik ke bus angkutan kota antar provinsi (ilustrasi)

Para pemudik sedang bergegas naik ke bus angkutan kota antar provinsi (ilustrasi)

Foto: Mahmud Muhyidin
Tiket tersebut unutk warga yang akan menggunakan jasa angkutan darat.

REPUBLIKA.CO.ID,  PALU -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menyiapkan 500 tiket gratis untuk warga yang akan mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Tiket tersebut untuk yang menggunakan jasa angkutan darat dari Palu menuju berbagai kota di provinsi itu.

Baca Juga

"Tiap tahun menjelang hari-hari raya, kami mengadakan mudik gratis dan program ini sudah berjalan empat tahun terakhir," kata Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkerataapian Dinas Perhubungan Provinsi Sulteng, Sumarno di Palu, Sabtu (7/12).

Ia mengatakan program tersebut diperuntukkan bagi kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat berpenghasilan rendah. Mereka yang berdomisili di Kota Palu dan akan merayakan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di kampung halaman mereka di seluruh kabupaten/kota di daerah ini.

Dishub Sulteng, mulai membuka pendaftaran pada 9-18 Desember 2019. Tempat pendaftaran di Kantor Dishub Sulteng di kawasan Jalan RA Kartini, Kecamatan Mantikulore.

Dia menambahkan untuk rute perjalanan mudik tetap sama dengan sebelumnya. "Hanya saja ada tambahan rute baru mudik gratis," kata dia. Rute baru yakni Palu-Banggai Laut, Palu Banggai Kepulauan dan Palu-Moutong.

Berikut rute mudik 2018 yang juga masih akan dilanjutkan dalam program mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 kali ini yakni Palu-Poso, Palu-Banggai, Palu-Morowali, Palu-Tojo Una-Una, Palu- Morowali Utara, Palu-Tolitoli dan Palu Buol. Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, minat masyarakat untuk ikut program mudik gratis cukup tinggi. Karena itu, Sumarno mengimbau masyarakat yang akan memanfaatkan transportasi mudik gratis untuk lebih awal mendaftar.

Karena kuota hanya 500 penumpang, makanya harus cepat-cepat mendaftar agar bisa mendapatkan tiket mudik gratis yang disediakan oleh Pemprov Sulteng setiap tahun itu. Syamsuddin Aco, pengamat transportasi di Sulteng menyambut positif dan berharap masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik.

"Ini program pemerintah daerah yang patut diapresiasi. Karena sangat membantu meringankan beban masyarakat dalam menghadapi Hari Raya Natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 2020.

Tetapi, perlu juga diikuti dengan pengawasan ketat terhadap kendaraan-kendaraan yang akan digunakan mudik harus dapat dijamin kelaikan jalan guna menghindari hal-hal yang dapat merugikan masyarakat. Bgeitu juga sopir dan pemilik perusahaan otobis (PO) angkutan kota dalam provinsi (AKDP).

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA