Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Hari Antikoruspi, PB HMI: Momentum Bersih-bersih BUMN

Senin 09 Dec 2019 23:49 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Andi Nur Aminah

  Aktivis mahasiswa melakukan aksi damai memeringati Hari Antikorupsi Sedunia di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta (ilustrasi)

Aktivis mahasiswa melakukan aksi damai memeringati Hari Antikorupsi Sedunia di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta (ilustrasi)

Sebelumnya, Erick telah memberhentikan 4 anggota dewan direksi PT Garuda Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Indonesia (PBHMI) bidang Kemitraan BUMN, Romadhon mengatakan, Hari Anti Korupsi Sedunia 2019 harus dijadikan momentum bagi Menteri BUMN, Erick Thohir untuk menjadikan perusahan BUMN bersih dari korupsi. Apalagi, belum lama ini perusahaan BUMN kembali tercoreng pasca terungkapnya kasus penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda lipat Brompton di Garuda Indonesia.

Baca Juga

"Ini waktu yang tepat untuk bersih-bersih BUMN dan Menteri BUMN harus mendorong semua perusahaan BUMN menjadi korporasi yang berintegritas," ujar Romadhon dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Senin (9/12).

Sebelumnya, Erick Thohir telah memberhentikan empat anggota dewan direksi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang terlibat dalam skandal Harley Davidson. Romadhon menyayangkan keterlibatan direksi Garuda Indonesia dalam kasus rusuah tersebut. Namun, dia yakin dengan dipimpin Erick Thohir ke depannya BUMN akan menjadi pelopor antikorupsi.

"BUMN harus menjadi pelopor antikorupsi, yang berhubungan dengan sektor dunia usaha. Bukan sebaliknya justru terlibat dalam perkara praktik mengarah korupsi," ucapnya.

Romadhon mengungkapkan, kasus penyelundupan motor Harley Davidson tersebut bisa jadi bukan satu-satunya kasus korupsi di Garuda Indonesia. Jika diinvestigasi secara serius, kata dia, pasti banyak kasus sejenis yang melibatkan petinggi Garuda.

"Sepertinya jarang dilakukan audit dan tidak transparan sehingga sering terjadi di internal Garuda, dengan sikap tegas Pak Erick kita harus apresiasi, mungkin berangkat dari garuda, BUMN semakin bersih dari para koruptor," katanya.

Dia mengatakan harus optimistis dengan segala peristiwa korupsi di BUMN. "Insya Allah Pak Erick setulus hati dan serius menangani masalah di kementrian yang beliau pimpin," imbuhnya.

Romadhon menambahkan, PB HMI sangat sependapat dengan Ketua KPK terpilih Firli Bahuri bahwa harianti korupsi sedunia harus dijadikan momentum dan pelecut semangat antikorupsi. "Dengan kondisi yang terjadi saat ini isu antikorupsi harus menjadi isu penting, dengan demikian kita telah ikut andil memajukan Indonesia Maju dan bersih dari korupsi," jelasnya. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA