Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

Soal Dukungan, Sekjen PAN: Kita Hormati Sikap Pak Amien

Rabu 11 Dec 2019 14:05 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Teguh Firmansyah

Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais memberikan sambutan pada acara pembukaan Rakernas V PAN di Jakarta, Sabtu (7/12).

Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais memberikan sambutan pada acara pembukaan Rakernas V PAN di Jakarta, Sabtu (7/12).

Foto: Republika/Prayogi
Amien menegur peserta rakernas yang meneriakkan kata 'Lanjutkan'.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sindiran Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais terhadap kubu pendukung Ketua Umum PAN pejawat Zulkifli Hasan pada pembukaan rakernas ke-V PAN Ahad lalu dinilai sebagai sinyal Amien tak lagi dukung Zulkifli. Menanggapi hal itu Sekjen PAN Eddy Soeparno menghormati sikap Amien.

"Tentu sekarang ini seluruh tokoh dan pimpinan di partai ini memiliki arahan politik tersendiri, kita hormati semuanya. Pak Amien pun mungkin beda dengan teman-teman yang lain tapi tentu pandangan Pak Amien kita hormati," kata Eddy, Rabu (11/12) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Sebagai pendiri partai, Amien dinilai masih menjadi tokoh sentral di PAN. Eddy mengatakan banyak calon ketua umum yang juga mendatangi Amien untuk mendapat restu. Namun Amien bukanlah satu-satunya tokoh yang didatangi untuk dimintai restu oleh para caketum.

"Banyak memang ke Pak Amien, tapi ada juga yang datang ke Pak Hatta Rajasa, ada minta ke Pak Sutrisno Bachir, untuk minta restu dan arahan. Paling nggak pengarahan mereka di masa lalu tentu jadi bekal yang baik bagi calon-calon ketum kita," ujarnya.

Anggota Komisi VII DPR RI itu mengatakan kongres mendatang adalah pesta demokrasi DPW dan DPD PAN. Oleh karena itu ia menyerahkan sepenuhnya kepada para pemilik suara. "Nanti kita lihat pilihan pada para pengurus DPW dan DPD," ucapnya.

Sebelumnya Amien Rais menyindir pendukung Zulkifli Hasan dalam sambutannya di pembukaan Rakernas V. Amien meminta kadernya tak teriakan yel "lanjutkan".
"Maaf tidak ada yel, 'lanjutkan' belum tentu ya," kata Amien di akhir sambutannya, Sabtu (7/12).

Amien menyebut teriakan seperti itu tidak layak dilontarkan. Menurutnya PAN bukan partai kampungan.  "Lanjutkan belum tentu ya. Jangan mendahului takdir ya, anda jangan sorak-sorak seperti itu, tidak layak. Ini bukan partai kampungan," ujarnya.

Menanggapi hal itu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan enggan menanggapinya. Ia mempersilakan media mengutip pernyataan Amien tersebut. "Kutip aja yang ada, apa adanya aja," ucapnya santai.

Sebelumnya sorakan dilontarkan secar berganti-gantian oleh para kader PAN yang hadir dalam pembukaan rakernas. Salah satu teriakan yang terdengar yaitu teriakan "lanjutkan".

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA