Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Gibran Daftar Cawalkot Besok, PDIP: Itu Hari Baik

Rabu 11 Dec 2019 17:02 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Ratna Puspita

Ketua DPP Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto

Ketua DPP Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Politikus PDIP menyebut tanggal pendaftaran Gibran sebagai hari yang baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gibran Rangkabumi Raka rencanaya akan mendafatar sebagai bakal calon wali kota Solo ke Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD PDIP) Jawa Tengah pada Kamis (12/12) nanti. Partai berlogo banteng moncong putih itu lantas menyambut baik rencana putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut.

Baca Juga

Ketua DPP Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto menyebut tanggal pendaftaran Gibran sebagai hari yang baik dalam kalender Jawa. "Mas Gibran ini sudah memberikan kode kepada kami besok akan mendaftar yaitu Kamis tanggal 12 Desember jatuhnya Kamis legi," kata Bambang Wuryanto di DPP PDIP Jakarta, Rabu (11/12).

Bambang mengungkapkan, dalam hitungan Jawa, Kamis (12/12) itu merupakan hari baik karena jatuh pada Kamis Legi. Dia mengatakan, hari baik itu akan menjadi momentum yang pas bagi calon yang mendaftar karena merupakan hari yang bagus untuk mendapatkan jabatan.

"Itu hari baik untuk mendaftar karena 13 dibagi empat itu sisa satu maka itu dulu arahnya utara jadi bagus untuk mendapatkan jabatan," kata Bambang lagi

Kendati demikian, Bambang mengatakan, DPP hingga kini belum mengambil keputusan terkait pencalonan wali kota di Solo. Dia melanjutkan, partai masih menimbang berdasarkan tiga hal yakni karakter, kompetensi dan kapasitas.

photo
Gibran Rangkabumi Raka (Republika/Rizkyan Adiyudha)

Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partai memberikan perlakuan yang sama kepada setiap calon kepala daerah yang akan mendaftar. Dia melanjutkan, keputusan terkait calon yang akan ditetapkan maju sebagai keala daerah ada ditangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri berdasarkan analisis, data-data survey dan psikotes.

Dia mengatakan, hal serupa juga berlaku pada Bobby Nasution yang dijagokan maju sebagai calon wali kota Medan. Mantan sekretaris tim pemenangan Joko Widodo ini mengatakan, meski Bobby sudah mendaftar, tetap akan menjalani seluruh proses seleksi calon kepala daerah dari PDIP.

"Mas Bobby sudah mendaftar dan saya sudah ditugaskan oleh ibu Megawati untuk menemui mas bobi saat itu, kami juga sudah berdialog tetapi proses pengambilan keputusan Itu merupakan hal yang berbeda. Pertemuan tidak mengambil keputusan," kata Hasto sambil mengacu pada pertemuan Gibran-Megawarti.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA