Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Erick Thohir akan Benahi Model Bisnis Anak Hingga Cicit BUMN

Selasa 10 Dec 2019 12:52 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya

Kantor Kementerian BUMN

Kantor Kementerian BUMN

30 perusahaan BUMN bermain di sektor logistik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tugas besar diemban Menteri BUMN Erick Thohir dalam membenahi segudang persoalan yang ada dalam tubuh BUMN-BUMN. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga mengatakan sejumlah strategi yang sedang dan akan dilakukan Kementerian BUMN.

Baca Juga

Strategi tersebut antara lain melakukan reformasi birokrasi, restrukturisasi utang-utang BUMN, mengembalikan inti bisnis BUMN, serta meninjau ulang likuidasi BUMN.

Salah satu yang menjadi sorotan, kata Arya, tumpang tindihnya bisnis antara satu BUMN dengan BUMN yang lain. Tak jarang, banyak BUMN yang memiliki anak hingga cucu perusahaan yang bergerak dalam bisnis di luar inti bisnis BUMN induk.

"Sektor logistik, BUMN tidak hanya punya PT Pos, semua (BUMN) punya usaha logistik, ada 30 perusahaan logistik di BUMN bayangkan kalau disatukan akan powerfull, ini tantangan kita," ujar Arya saat seminar bertajuk "BUMN Going Global Strategy and Action Plan di Hotel Novotel Cikini, Jakarta, Selasa (10/12).

Arya juga menyebut ada puluhan rumah sakit yang dimiliki oleh BUMN. Kementerian BUMN  sedang mengkaji untuk rencana bisnis dari model usaha milik BUMN yang serupa.

"Lagi dihitung semua, bisa saja kita ingin buat semua kembali ke core bisnis masing-masing," kata Arya menambahkan.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA