Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Google Ungkap Topik Paling Dicari Sepanjang 2019

Kamis 12 Dec 2019 15:24 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Indira Rezkisari

Cara naik MRT merupakan salah topik populer yang banyak dicari di Google tahun ini.

Foto:
Pemilu hingga cara naik MRT jadi salah satu pencarian terpopuler di Google.

Berbagai kategori pencarian terpopuler di Google sepanjang 2019

Google Indonesia menempatkan 10 topik yang paling banyak memiliki peningkatan penelusuran selama 2019 pada kategori Tokoh. Tokoh-tokoh itu antara lain, Nadiem Makarim (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI), BTS (grup musik asal Korea), Edhy Prabowo (politikus dan Menteri Kelautan dan Perikanan RI), Blackpink (grup penyanyi perempuan asal Korea), Wishnutama (Menteri Pariwisata RI), Thareq Kemal Habibie (putra Presiden ketiga RI BJ Habibie), Reino Barack (figur publik), Syahrini (figur publik), Sandiaga Uno (politikus), dan Wiranto (politikus).

Sementara itu, pada kategori Kepergian Tokoh, warganet Indonesia banyak menelusuri beberapa tokoh yang berpulang pada 2019. Antara lain, Ani Yudhoyono (istri Presiden RI ke-6 SBY), BJ Habibie (Presiden RI ke-3), Sutopo Purwo Nugroho (Humas BNPB), Muhammad Arifin Ilham (Ustaz), Sulli (Aktris Korea), Goo Hara (Penyanyi Korea), Cecep Reza (figur publik), Robby Tumewu (Perancang Busana), Alfin Lestaluhu (pesepakbola), dan Afridza Munandar (Pembalap Motor).

Selanjutnya, pada kategori Peristiwa Nasional, Google Indonesia menganalisa ada 10 topik penelusuran yang mengalami peningkatan selama 2019. Antara lain, Audry, Cacar Monyet, Sidang MK, Tangkuban Perahu, Kompensasi PLN, BMKG Gempa, RUU KPK, Mobil Esemka, Kecelakaan Tol Cipularang, dan MRT Jakarta.

Kategori berikutnya adalah Lagu. Adapun 10 lagu yang mengalami peningkatan penelusuran di Google oleh warganet Indonesia antara lain ''Kemarin'' oleh Seventeen, ''Lily'' oleh Alan Walker, K-391 & Emelie Hollow, ''Celengan Rindu'' oleh Fiersa Besari, ''Senorita'' oleh Shawn Mendes, Camila Cabello, dan ''Hanya Rindu'' oleh Andmesh.

Lalu, ''Solo'' oleh Jennie, ''On My Way'' oleh Alan Walker, Sabrina Carpenter & Farruko. Lagu fenomenal dari penyanyi Stephanie Poetri yang berjudul ''I Love You 3000'' juga menjadi lagu yang mengalami peningkatan penelusuran selama 2019.

Lagu keluaran lama pun masih menjadi lagu yang dicari oleh warganet Indonesia. Di antaranya adalah ''Thinking Out Loud'' oleh Ed Sheeran dan ''A Whole New World'' yang merupakan soundtrack dari film Aladdin. Hanya saja, lagu ini dikemas ulang dan dinyanyikan ulang oleh Zayn Malik bersama dengan Zhavia Ward.

Pada kategori berikutnya adalah kategori film yang paling banyak mengalami peningkatan penelusuran selama 2019. Kesepuluh film itu didominasi film-film superhero asal Hollywood.

Antara lain Joker, Captain Marvel, Shazam!, John Wick: Chapter 3 - Parabellum, Bumi Manusia, Gundala, Perempuan Tanah Jahanam, Avengers: Endgame, Spider-Man: Far From Home, dan Keluarga Cemara.

Sementara, pada kategori Apa Itu.., setidaknya ada 10 kata kunci yang merupakan topik yang mengalami peningkatan penelusuran selama 2019. Kebanyakan dari kata kunci ini merupakan kata-kata sebutan atau kata gaul yang kerap digunakan oleh generasi muda Indonesia. Adalah ‘Bucin’, ‘Ferguso’, ‘Gerd’, ‘KKN’, ‘Unicorn’, ‘Japri’, ‘Mukbang’, ‘Podcast’, ‘Santuy’, dan ‘Halu’.

Pada kategori Bagaimana Cara, Google Indonesia menganalisa ada 10 topik pencarian populer di Indonesia. Antara lain, cara menjadi orang sukses, cara naik MRT, Hidup Sehat, cara membuat channel youtube, cara menurunkan kolesterol, cara membuat blog, cara diet alami, cara menghitung berat badan ideal, cara isi gopay, dan cara top up ovo.

Terakhir, Google Indonesia juga menggolongkan kategori pencarian Resep oleh warganet Indonesia. Resep-resep makanan dan minuman yang mengalami peningkatan penelusuran selama 2019 adalah Jus Wortel, Urap Sayur, Ceker Mercon, Pisang Nugget, Rendang Padang, Tongseng, Kue Lumpur, Coto Makassar, dan Tahu Crispy.



BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA