Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Ini Risikonya Saat Anda Tidur dalam Kondisi Rambut Basah

Jumat 13 Dec 2019 00:26 WIB

Rep: Mgrol127/ Red: Didi Purwadi

Tidur dalam kondisi rambut basah memiliki risiko buruk bagi kesehatan rambut. (ilustrasi)

Tidur dalam kondisi rambut basah memiliki risiko buruk bagi kesehatan rambut. (ilustrasi)

Foto: Pixabay
Rambut memang paling lemah dalam kondisi basah sehingga membuatnya lebih mudah patah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah seharian beraktivitas, menikmati guyuran air hangat tentu menjadi kenikmatan tersendiri sebelum tidur. Belum lagi jika langsung memakai piyama, pergi ke kasur, dan menutup mata. Tanpa sadar, mungkin sebagian dari Anda membiarkan rambut yang belum kering dibawa ke kasur sambil menikmati tidur.

Namun, pernahkah Anda memikirkan risikonya? Banyak pendapat mengatakan, tidur dalam kondisi rambut masih basah merupakan hal yang berbahaya, benarkah?

Simak beberapa hal yang akan kamu dapatkan selepas tidur jika membiarkan rambut basahmu menemani malammu. Dilansir dari TheHealthy, hal pertama yang akan Anda dapatkan selepas tidur ialah sulitnya menata rambut di pagi hari.

''Ketika Anda mencoba menata rambut di pagi hari setelah tidur dengan rambut basah, Anda mungkin akan kesulitan menata rambut supaya jadi keriting, bergelombang, lurus, dan crinkles,'' kata Olga Gilbert, penata rambut di J. Russell Salon di Palm Desert, California, Amerika Serikat.

Olga Gilbert menambahkan, untuk mengatur rambut tersebut, Anda bisa membasahinya kembali dan mengeringkan rambut Anda dengan sempurna. Kemudian, barulah Anda memulai untuk mengatur rambut sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Memang untuk hal ini, Anda harus meluangkan waktu lebih lama di pagi hari untuk hasil yang sempurna.

Kedua, membawa rambut yang basah ke dalam tidur Anda memang tidak langsung merusak folikel pada batang rambut. Hanya saja, hal itu akan memicu kerusakan rambut lainnya.

Menurut Olga Gilbert, rambut memang paling lemah dalam kondisi basah sehingga membuatnya lebih lentur dan mudah patah. ‘’Terutama jika Anda menguncir rambut atau membuat sanggul yang kencang saat rambut masih basah, rambut Anda akan lebih mudah patah dan rusak ketika dibawa tidur,” tambah Gilbert.

Jika Anda memang tak punya waktu banyak dan terpaksa untuk tidur dengan rambut basah, Gilbert juga punya cara untuk mengatasinya. Pertama, gantilah sprei katun Anda dengan sprei sutra yang Anda miliki. Permukaan sutra yang lebih halus, akan meminimalisasi kerusakan rambut yang Anda letakkan di atas sarung bantal.

Kedua, tidurlah dengan keadaan rambut yang longgar. Artinya, jangan ikat rambut Anda dengan kencang apalagi disanggul dengan rapi. Biarkan rambut Anda tergerai bebas sehingga bisa menghirup udara yang dibutuhkannya.

Sekarang, apakah Anda masih memilih untuk tidur dengan rambut yang basah? Jika iya, mungkin langkah-langkah di atas bisa Anda praktikan di rumah. Jika tidak, semoga rambut Anda tetap sehat dan tidur dengan keadaan kering.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA