Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

UBSI Gelar Seminar Teknologi Informasi

Jumat 13 Dec 2019 14:52 WIB

Red: Irwan Kelana

Suasana seminar “Peran Teknologi Informasi Modern di Era Revolusi Industri 4.0 “ yang diadakan oleh Jurusan Teknologi Informasi UBSI.

Suasana seminar “Peran Teknologi Informasi Modern di Era Revolusi Industri 4.0 “ yang diadakan oleh Jurusan Teknologi Informasi UBSI.

Foto: Dok UBSI
Kuliah di Jurusan Teknologi Informasi merupakan investasi untuk karir masa depan.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Program Studi (Prodi) Teknologi Informasi (TI) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI)  menggelar seminar teknologi dengan mengusung tema “Peran Teknologi Informasi modern di era revolusi industri 4.0 “. Kegiatan itu diadakan di aula Gedung STMIK Nusa Mandiri Margonda, Depok, Jawa Barat, Selasa (3/12).

Seminar itu mengundang nara sumber Ridwad Suhud. Ia  merupakan pengembang dan pengelola Website Layanan UPT BIT, pengelola hardware software dan Jaringan Komputer (IT Support) di BIT Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), serta administrator jaringan komputer LIPI.

Acara ini diikuti oleh ratusan mahasiswa Prodi TI dengan dimoderatori oleh Rahayu Ningsih, selaku staf  Prodi TI UBSI.

Dalam pemaparannya,  Ridwan memberikan infromasi yang terkait dengan dengan era industri 4.0. Era tersebut dimulai dengan kemunculannya super computer, robot pintar, kendaraan tanpa driver, cloud cumputing, big data dan teknologi lainnya.

“Banyak pekerjaan yang akan tergantikan oleh robot dan sistem. Sebagai mahasiswa yang kuliah di  Jurusan Teknologi Informasi, ini  merupakan investasi untuk karir masa depan” ujar Ridwan dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia juga memperkenalkan bahwa banyak penelitian yang dibuat oleh LIPI dan dapat dilihat oleh  mahasiswa melalui situs https://hpc.lipi.go.id/. ‘Kami mengundang mahasiswa untuk melihat secara langsung penelitian-penelitian yang telah dilakukan oleh LIPI bagi masyarakat umum maupun perusahaan,” tuturnya.  Hal ini tentu menjadi kesempatan untuk program studi mengadakan studi banding ke LIPI ke depannya.

Dr  Didi Rosiyadi selaku dekan FTI UBSI mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan perspektif mahasiswa bagaimana menghadapi kemunculan revolusi industri 4.0 di Indonesia.

“Saya harap mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan terutama wawasan yang diberikan langsung dari perwakilan LIPI, serta kegiatan seperti ini dapat di gerlar secara rutin dan berkelanjutan,” jelas Didi

Didi menyebutkan, peserta seminar sangat terlihat antusias merespons  materi yang disampaikan. Tanya jawab juga berlangsung dengan seru.“Mahasiswa terlihat antusias selama pelaksanaan kegiatan ini, terutama saat sesi tanya jawab dibuka. Saya senang melihat antusiasme  para mahasiswa dalam kegiatan ini dan saya nilai kegiatan ini berjalan dengan baik,” tutup Didi.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA