Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Erick Tergelitik Dengar Cucu Usaha Garuda Bernama Tauberes

Jumat 13 Dec 2019 15:25 WIB

Rep: Lida Puspanintyas/ Red: Teguh Firmansyah

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat konferensi pers di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat konferensi pers di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12).

Foto: Thoudy Badai_Republika
Erick mengaku sudah memerintahkan untuk mengkaji ulang anak dan cucu usaha BUMN.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir tertawa ketika menyebut ada cucu perusahaan Garuda Indonesia yang bernama Garuda Tauberes Indonesia. Ia menyinggungnya ketika menjawab pertanyaan wartawan terkait kebijakan batasan jabatan direksi perusahaan BUMN di anak-anak usaha.

"Mohon maaf buat saya ini menggelitik. Ada cucu perusahaan Garuda namanya Garuda Tauberes Indonesia. Saya belum tahu detailnya, tapi coba itu ada Garuda Tauberes Indonesia," katanya seraya tertawa kemudian menutup sesi wawancara seusai pelantikan Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) di Jakarta, Jumat (13/12).

Erick mengatakan, ia sudah mengarahkan untuk mengkaji perusahaan BUMN beserta anak cucunya, termasuk direksi yang punya jabatan berlapis-lapis di anak-anak usaha. Menurut dia, tidak etis dan tidak sehat jika seorang direktur punya jabatan komisaris di lebih dari dua perusahaan anak atau cucu. "Saya belum lihat aturan pastinya, tapi kalau belum ada, ya nanti kita buat," katanya.

Erick ingin memastikan, jabatan berlapis ini tidak menggerogoti perusahaan BUMN yang sehat. Diketahui, mantan direktur Garuda, Ari Ashkara, memiliki jabatan sebagai komisaris di beberapa perusahaan anak atau cucu usaha Garuda, termasuk Tauberes.

Baca Juga

PT Garuda Tauberes Indonesia (GTI) sendiri merupakan layanan aplikasi logistik yang diluncurkan September 2019 lalu. Aplikasi tersebut menjadi yang pertama di Indonesia dalam menghubungkan layanan kargo udara dengan agen pengiriman barang dan pengguna jasa.

Lini usaha layanan logistik kargo udara ini merupakan platform e-commerce yang menyediakan jasa pemesanan logistik, baik itu untuk kurir, air cargo gateway, maupun pembayaran. Tauberes punya tiga fitur utama, yaitu kirim paket, kargo udara, dan belanja online.

Beberapa yang sudah bekerja sama dengan aplikasi Tauberes, yaitu JNT Express, Lion Parcel, Aero Express, SAP, dan Si Cepat. Ke depannya, aplikasi ini digadang akan menghubungkan langsung nelayan dengan pasar domestik dan ekspor.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA