Senin, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 Januari 2020

Senin, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 Januari 2020

65 Peserta Ikuti Ujian Tulis Panwascam Pilkada Solo

Jumat 13 Des 2019 19:27 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yusuf Assidiq

Logo Bawaslu

Logo Bawaslu

Soal dikerjakan di komputer secara daring.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Sebanyak 65 peserta mengikuti ujian tertulis calon panitia pengawas kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Kota Solo, Jawa Tengah, yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Solo di SMA Batik 1 Solo, Jumat (13/12).

Ketua Bawaslu Kota Solo, Budi Wahyono mengatakan, Bawaslu meminjam dua ruang laboratorium komputer SMA Batik 1 Solo untuk menyelesaikan ujian dalam satu sesi. Ujian tertulis dimulai pukul 08.00-09.30 WIB.

"Tes socratif dilaksanakan serentak oleh Bawaslu RI, setiap Bawaslu kabupaten atau kota mengikuti sesuai instruksi. Seluruh pertanyaan dibuat oleh pusat, di sini hanya pelaksana," jelasnya, kepada wartawan.

Budi menjelaskan, materi ujian meliputi pengetahuan umum, kepemiluan, dan undang-undang pemilihan kepala daerah. Seluruh soal berupa pilihan ganda. Soal dikerjakan di komputer secara daring. "Peserta terlihat antusias dan semua bisa menyelesaikan tepat waktu," imbuh Budi.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Bidang Sengketa, Arif Nuryanto, menambahkan awalnya ada 70 peserta yang mendaftar sebagai calon anggota Panwascam. Namun, hanya 65 peserta yang lolos seleksi administrasi.

"Selanjutnya peserta akan mengikuti tes wawancara pada Sabtu (14/12) dan Ahad (15/12). Peserta dijadwalkan datang dalam enam sesi. Tiga sesi di hari Sabtu, sisanya di hari Ahad," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA