Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Selama Natal dan Tahun Baru, Lewat Jalan Tol ini Gratis

Ahad 15 Dec 2019 06:58 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Cihuy, liburan bisa makin hemat nih. Ada 6 ruas tol yang dibuka gratis selama Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Berikut daftar lengkap jalan tol yang digratiskan.


Jalan tol Trans Sumatera via Instagram @bpjt_info

Baca Juga

Cermati.com, Jakarta - Libur panjang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) kian dekat. Hampir semua orang sibuk mengurus agenda mudik dan jalan-jalan bersama keluarga tercinta. Begitupun pemerintah, ikut mempersiapkan infrastruktur, termasuk jalan tol guna mendukung kelancaran arus lalu lintas.

Sudah punya rencana mudik atau liburan saat Nataru menggunakan mobil? Tenang, gak perlu panik bakal macet panjang hingga mengular berkilo-kilometer. Beberapa ruas tol akan dibuka, baik secara penuh maupun fungsional. Jalan tol yang berbayar ataupun gratis selama libur panjang Nataru.

Mau tahu lebih lengkap daftar tol yang akan beroperasi secara fungsional (sementara) dan gratis untuk mengantisipasi kepadatan libur Natal dan Tahun Baru, berikut ulasannya.

Baca Juga: 23 Hotel Instagramable dan Murah Meriah, Cocok Buat Liburan Keliling Indonesia

 

Daftar Jalan Tol Gratis saat Natal dan Tahun Baru

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

KabarPUPR – Untuk mendukung pengembangan kawasan calon Ibu Kota Negara (IKN) Kementerian PUPR tengah selesaikan pembangunan Jalan Tol Balikpapan – Samarinda (Balsam) sepanjang 99,35 Km. Saat ini secara keseluruhan progres konstruksinya sudah 97 % . Dari total lima seksi yang ada, yang siap diresmikan dalam sebelum Natal 2019 adalah seksi 2,3, dan 4 sepanjang 66 km yang menjadi porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) . Untuk waktu peresmian diperkirakan pada minggu ke-2, tinggal menunggu jadwal Bapak Presiden," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai meninjau progres konstruksi seksi 1 dan 5 Jalan Tol Balsam, Kamis (5/12/2019). Sebelumnya pada Rabu (4/12/2019), Menteri Basuki juga sudah meninjau Jalan Tol Balsam dari Balikpapan hingga Samarinda . #Repost @kemenpupr @official.jasamarga @info_binamarga #menyambungnegeri #PUPRSigapMembabgunNegeri

A post shared by Badan Pengatur Jalan Tol (@bpjt_info) on

Puncak arus libur Natal tahun ini diprediksi pada H-5 (20 Desember 2019). Sedangkan arus balik libur tahun baru diperkirakan terjadi pada H+7 (1 Januari 2020). Libur panjang, banyak orang akan lalu lalang di jalan raya mengendarai motor dan mobil pribadi atau menumpang angkutan umum, seperti travel dan bus.

Jalan tol menjadi jawaban agar arus lalu lintas berjalan dengan lancar. Maklum, ribuan bahkan puluhan ribu kendaraan akan tumpah ruah dalam satu waktu, sehingga berpotensi terjadi kemacetan. Potensi ini perlu diantisipasi dengan mengoperasikan banyak jalan tol supaya pengendara memiliki alternatif jalan guna menghindari kemacetan.

Gak usah takut kantong jebol selama libur panjang. Anda dapat menghemat biaya tol, karena ada 4 ruas jalan bebas hambatan sepanjang 134,5 km yang difungsikan. Dibuka untuk sementara waktu dan gratis tanpa dikenakan biaya dalam rangka menyambut libur Nataru.

Berikut daftar ruas tol tersebut:

1. Ruas Tol Balikpapan-Samarinda (66 km)

  • Seksi 2 ruas Samboja-Muara Jawa, Seksi 3 ruas Muara Jawa-Palaran, dan Seksi 4 rute Palaran-Samarinda

2. Ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (33 km)

3. Ruas Tol Manado-Bitung (26 km)

  • Seksi 1A Ring Road Manado-Sukur dan Seksi 1B rute Sukur-Air Madidi

4. Ruas Tol Pekanbaru-Dumai (9,5 km).

Tol Layang Jakarta-Cikampek II dan Kunciran-Serpong Juga Gratis

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

Selamat pagi #SobatBPJT , Menteri Perhubungan Budi Karya S. didampingi Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Desi Arryani, Dirjen Bina Marga Sugiyartanto, dan Kepala BPJT Danang Parikesit pada Minggu (8/12/19) melakukan pengecekan Jalan Tol Japek II (Elevated). Pengecekan dilakukan guna memastikan jalan tol ini siap dioperasikan Akhir tahun 2019 sekaligus mendukung kelancaraan arus kendaraan menjelang perayaan libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. . Menteri Perhubungan Budi Karya S mengatakan, pihaknya akan membatasi kecepatan kendaraan yang melintas di tol ini, yakni 60 km per jam dan akan disiapkan CCTV dan petugas untuk proses pengawasan lalu lintas kendaraan. "Kami sudah menyiapkan CCTV di beberapa titik. Untuk pengendara yang melebihi batas kecepatannya akan dikenakan sanksi pada saat keluar dari jalan tol. Dan kita sudah menugaskan petugas di setiap 4 Km," jelasnya. . Jalan Tol Layang Jakarta – Cikampek (Japek) II sepanjang 36,4 Km dibangun sebagai tujuan memperlancar arus barang dan mendukung kegiatan masyarakat kawasan metropolitan yang saat ini sudah sangat padat. . Adanya Tol Layang Japek II akan menambah kapasitas Tol Japek yang ada dibawahnya serta memisahkan antara arus lalu lintas jarak pendek dengan arus lalin jarak jauh. Kendaraan tujuan jarak pendek akan menggunakan Tol Japek, sementara kendaraan tujuan jarak jauh terutama kendaraan Golongan I dan II menggunakan Tol Layang Japek II. . Untuk informasi mengenai jalan tol kunjungi website kita bpjt.pu.go.id (link di bio ya sob) #KerjaBerdampak #MenyambungNegeri #PUPRSigapMembangunNegeri #BPJTinfo #SobatBPJT #BPJTKementerianPUPR #BPJT #JalanTol #Tol #Infrastruktur #KementerianPUPR #tollroad #infrastructure

A post shared by Badan Pengatur Jalan Tol (@bpjt_info) on

Bukan hanya 4 ruas tol fungsional di atas saja yang gratis dan siap melayani pengendara di momen Natal dan Tahun Baru. Jalan tol teranyar, Jakarta-Cikampek II (elevated) membentang 36,4 km dan Kunciran-Serpong sepanjang 11,1 km juga bakal digratiskan.

1. Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II

Jalan tol layang terpanjang di Indonesia yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 15 Desember itu akan mendukung kelancaran arus kendaraan pada perayaan libur Natal dan Tahun Baru.

Ingat, kendaraan yang boleh melintasi Tol Layang Jakarta-Cikampek II ini adalah kendaraan golongan I (non bus dan non truk). Kecepatan kendaraan pun dibatasi, maksimal 60 km per jam. Ada CCTV dan petugas di setiap 4 km yang akan mengawasi lalu lintas kendaraan. Jangan coba-coba melanggar jika tidak mau kena sanksi saat keluar dari jalan tol.

2. Tol Kunciran-Serpong

Jalan tol yang masuk dalam bagian tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) dan telah diresmikan Presiden Jokowi ini akan digratiskan selama musim liburan Natal dan Tahun Baru. Tol Kunciran-Serpong terdiri dari 2 seksi, yaitu Seksi 1 ruas Kunciran-Parigi (6,72 km) dan Parigi-Serpong (4,42 km).

Baca Juga: 5 Pilihan e-Money Terbaik Buat Mudik via Tol Trans Jawa

Persiapan Liburan Natal dan Tahun Baru via Jalan Tol

Asuransi Mobil
Persiapan liburan Natal dan Tahun Baru via jalan tol

Bila Anda dan keluarga menggunakan mobil pribadi via jalan tol untuk liburan selama Natal dan Tahun Baru, jangan lupa untuk mempersiapkan beberapa hal penting berikut ini. Liburan akhir tahun akan terasa nyaman, tenang, aman, dan menyenangkan.

  • Cek fisik mobil

Mendekati hari keberangkatan, pastikan Anda mengecek kondisi mobil. Bukan cuma ban, kaca spion, penyeka kaca mobil, AC, dan lampu saja yang menjadi perhatian. Cek juga bagian rem, kopling, dan pedal gas. Apakah berfungsi dengan baik. Termasuk bagian mesin, seperti aki, karburator, filter bahan bakar, dan komponen penting lainnya.

Dalam hal ini, Anda dapat membawa mobil ke bengkel untuk sekalian servis ganti oli atau perbaikan lainnya. Perlu diingat juga, sebelum berangkat, isi penuh bahan bakar kendaraan Anda untuk mengantisipasi jauhnya jarak pom bensin yang satu dengan yang lain selama berada di tol.

  • Isi saldo e-Money atau uang elektronik

Meski saat ini sudah ada layanan isi ulang uang elektronik atau e-money di gerbang tol, namun tak ada salahnya Anda mengisi saldo terlebih dulu sebelum berangkat. Top up sesuai kebutuhan. Jangan sampai e-money kosong melompong tanpa saldo sehingga Anda kerepotan saat harus membayar biaya tol, sementara tak ada layanan isi ulang.

Simpan e-money Anda baik-baik, agar tidak hilang. Sebab jika hilang dan ditemukan orang lain, maka e-money tersebut dapat digunakan dengan bebas, mengingat menggunakan e-money untuk transaksi tidak perlu pakai PIN. 

  • Ajukan asuransi mobil

Anda dan keluarga sudah terlindungi asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, bahkan sudah ter-cover asuransi perjalanan. Lalu bagaimana dengan mobil Anda? Padahal mobil pun tak terlepas dari berbagai risiko kerusakan dan kehilangan akibat kecelakaan, kebakaran, pencurian, banjir, huru hara atau kerusuhan, dan lainnya.

Oleh karenanya, memiliki asuransi mobil sudah menjadi kebutuhan saat ini. Anda dapat mengajukan produk asuransi mobil melalui aplikasi ataupun website Cermati.com. Bebas pilih produk dengan premi sesuai kebutuhan dan bujet.

Biar Selamat, Patuhi Rambu-rambu Lalu Lintas

Berkendara di jalan tol memang mengasyikkan. Mulus bebas hambatan. Namun jangan abaikan keselamatan Anda dan keluarga. Terlena hingga melaju dengan kecepatan tanpa batas karena nyawa taruhannya. Tetap hati-hati dan selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas saat berkendara.

Baca Juga: Lagi Cari Asuransi Mobil yang Enggak Bikin Dompet Jebol? Ini Solusinya

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA