Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Tol Layang Jakarta-Cikampek Dibuka, Ini Aksesnya

Ahad 15 Dec 2019 08:42 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolanda

Iring-iringan kendaraan yang membawa Presiden Joko Widodo melintasi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek usai diresmikan di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019).

Iring-iringan kendaraan yang membawa Presiden Joko Widodo melintasi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek usai diresmikan di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019).

Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Otoritas menyarankan pengendara di Tol layang Jakarta-Cikampek untuk jarak jauh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk mulai Ahad (15/12) pagi ini sudah membuka Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) tanpa tarif. Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan terdapat beberapa akses akses pengguna jalan untuk dapat melewati jalan tol layang terpanjang di Indonesia itu.

Baca Juga

“Untuk arah Cikampek, pengguna jalan dapat melalui Jalan Tol Dalam Kota dari arah Halim atau Cawang dan masuk ke Jalan Tol Layang Japek melalui akses di kilometer 10 Jalan Tol Japek bawah,” kata Heru, Sabtu (15/12).

Sedangkan untuk pengguna jalan dari arah Tol JORR dan Jatiasih, kata Heru, pengguna jalan dapat masuk melalui akses kilometer 45 Jalan Tol JORR. Sementara untuk pengguna jalan dari arah Rorotan dapat menggunakan Tol Layang Japek di akses kilometer 46 Jalan Tol JORR.

Sementara untuk pengguna jalan yang menuju Jakarta dapat masuk di Karawang Barat. "Ini bisa melalui akses kilometer 48 Jalan Tol Japek bawah yang nantinya dapat keluar di Simpang Susun Cikunir kilometer 10 Jalan Tol Japek bawah arah Halim atua Cawang," jelas Heru.

Selanjutnya, kata dia, pengguna jalan dapat keluar ke Jalan Tol JORR arah Jatiasih dengan membayar tarif Jalan Tol JORR di Gerbang Tol Cikunir 6. Selain itu juga dapat keluar di Jalan Tol JORR arah Rorotan dengan membayar tarif Jalan Tol JORR di Gerbang Tol Cikunir 8.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meresmikan langsung Jalan Tol Layang Japek pada Kamis (12/12). Jalan tol yang diprediksi dapat mengurangi kepadatan Tol Japek eksisting hingga 30 persen itu mulai pagi ini pukul 06.00 WIB sudah dibuka tanpa tarif.

Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sugiyartanto menjelaskan tol layang sepanjang 39 kilometer tersebut membentang dari dari kilometer 9 hingga kilometer 48 di ruas tol lama Japek. "Sebaiknya kalau lewat atas (tol layang Japek) jangan dengan tujuan sebelum KM 48 Tol Japek," kata Sugiyartanto usai peresmian Jalan Tol Layanh Japek, Kamis (12/12).

Sugiyartanto menyarankan kendaraan yang lewat Tol Layang Japek sebaiknya untuk pengendara jarak jauh. Sebab tol layang tersebut membentang dari Cikunir hingga Karawang Barat sehingga dapat diakses untuk pengendara yang bertujuan ke Cirebon, Bandung, Semarang, hingga Surabaya.

"Jadi tol layang ini langsung ke luar di simpang Cikunir, Badung, Cipali. Jadi kalau lewat atas tapi tujuan tidak sampai 48 kilometer tidak pas," tutur Sugiyartanto. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA