Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Menristek: Fokus Riset 2020 Bantu Tuntaskan Masalah Ekonomi

Rabu 11 Dec 2019 22:43 WIB

Red: Ratna Puspita

Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro

Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro

Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Beberapa komoditas yang akan diteliti antara lain minyak sawit maupun hasil tambang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro menjelaskan fokus riset pada 2020 akan diutamakan untuk membantu mendorong kemajuan ekonomi bangsa. Hal pertama, yakni mendorong atau fokus kepada teknologi tepat guna.

Baca Juga

"Misalkan traktor tangan yang memakai gas atau contoh lain makanan dalam kemasan yang tahan lama," kata Bambang dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta pada Rabu (11/12).

Selain itu, penelitian dan pengembangan juga akan difokuskan kepada upaya hilirisasi produk dalam memberi nilai tambah, khususnya produk sumber daya alam. Beberapa komoditas yang akan diteliti antara lain minyak sawit maupun hasil tambang.

Selain itu, untuk mengurangi impor, Bambang menjelaskan akan meningkatkan penelitian menambah tingkat kandungan lokal. Penekanan nilai impor juga dinilai Bambang bisa dilakukan dengan meneliti minyak sawit sebagai biodiesel hingga B100.

"Presiden juga minta fokus penelitian di semua institusi yang terkait dengan pemerintahan dan perguruan tinggi itu benar-benar dikontrol oleh Kemristek/BRIN supaya para peneliti tidak hanya mengerjakan sesuai keinginan sendiri, tapi yang terarah dan memberikan solusi bagi permasalahan bangsa," ujar Menristek.

Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan menjadi institusi perencana semua kegiatan penelitian dan pengembangan dari lembaga penelitian. Perencanaan program penelitian harus mengikuti program yang sudah diarahkan oleh Kemristek BRIN.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA