Kamis, 3 Rajab 1441 / 27 Februari 2020

Kamis, 3 Rajab 1441 / 27 Februari 2020

Nelayan Flores Timur Dapat Bantuan Satu Kapal dari KKP

Sabtu 14 Des 2019 11:27 WIB

Red: Esthi Maharani

Pesisir Lamakera.

Pesisir Lamakera.

Foto: istimewa
Nelayan di Flores Timur sering melakukan perburuan ikan pari manta yang dilindungi

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG - Kelompok nelayan Bahari Lestari di Lamakera, Pulau Solor, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, mendapat bantuan satu unit kapal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk meningkatkan tangkapan ikan.

"Dengan bantuan kapal ini diharapkan hasil kelompok nelayan di Lamakera lebih produktif sehingga pendapatan mereka meningkat untuk kesejahteraan," kata Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT untuk wilayah Flores Timur, Lembata, Sikka, Antonius Andy Amuntoda, Sabtu (14/12)

Dia mengatakan bantuan kapal berkapasitas 3 gross tonnage (GT) disalurkan melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut dan diserahkan langsung oleh M Barmawi selaku perwakilan Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Denpasar, Jumat (13/12).

Menurut dia, kelompok nelayan penerima bantuan sudah diarahkan agar memanfaatkan bantuan kapal ini secara maksimal dan tidak lagi menangkap jenis ikan yang dilindungi. Andi menjelaskan aktivitas para nelayan di Lamakera sering mendapat sorotan karena melakukan perburuan ikan pari manta yang dilindungi hingga terancam punah. Untuk itu, lanjut dia, pemerintah daerah melalui dukungan pusat berupaya mencegah praktik ilegal tersebut melalui intervensi bantuan kapal.

"Tentunya diharapkan dengan bantuan ini, nelayan di sana bisa beralih dan tidak lagi memburu pari manta sehingga ekosistem dan biota laut bisa terjaga kelestariannya," katanya.


sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA