Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Harga Bawang Merah dan Cabai Terus Melonjak

Ahad 15 Dec 2019 08:53 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Friska Yolanda

 Petani bawang merah mengeringkan bawang (ilustrasi).

Petani bawang merah mengeringkan bawang (ilustrasi).

Foto: Republika/ Wihdan
Kenaikan harga bawang merah mencapai Rp 5.500 per kilogram.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Harga sejumlah komoditas strategis kebutuhan masyarakat, di wilayah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah terus merangkak naik memasuki pertengahan bulan Desember tahun 2019 ini. Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) Kabupaten Semarang mencatat, kenaikan harga di tengah masyarakat tersebut telah berlangsung sepekan terakhir.

Baca Juga

“Bawang merah dan cabai rawit merah, menjadi komoditas hortikultra yang mengalami kanaikan harga cukup signiifikan,” ungkap Kabid Perdagangan, Diskumperindag Kabupaten Semarang, Widada Mutiara, Ahad (15/12).

Untuk komoditas bawang merah, jelasnya, dalam sepekan terakhir terus mengalami kenaikan harga secara bertahap hingga Rp 5.500 per kilogram, di sejumlah pasar tradisional yang ada di daerahnya.

Pada pekan-pekan sebelumnya harga bawang merah ini terpantau hanya berkisar Rp 29.000 per kilogram. Menutup akhir pekan kemarin, harga komoditas ini sudah mencapai Rp 34.500 per kilogram.

Hal ini berbeda dengan komoditas bawang putih yang sudah beberapa pekan tetap stabil. Bahkan menutup pekan kedua bulan Desember ini harga komoditas bawang putih justru terpantau mengalami penurunan.

“Jika pekan sebelumnya harga bawang putih ini rata-rata berkisar Rp 29.500 per kilogram, saat ini harga komoditas bawang putih ini berada di kisaran Rp 28.500 per kilogram,” tambah Widada.

Diskumperindag juga mencatat berbagai jenis komoditas cabai yang terus mengalami kenaikan harga cukup signifikan di pasaran, terutama untuk jenis cabai rawit merah dan cabai merah keriting. Memasuki pertengahan bulan Desember kali ini komoditas cabai rawit merah sudah menyentuh harga Rp 45.500 per kilogram, setelah pekan-pekan sebelumnya berada pada kisaran harga Rp 32.500 per kilogram.

“Artinya, dalam sepekan terakhir kenaikan harga untuk komoditas cabai rawit merah ini sudah terakumulasi hingga Rp 11.000 per kilogram,” tegasnya.

Untuk harga komoditas cabai merah keriting di akhir pekan kemarin sudah mencapai Rp 34,000 per kilogram. Pekan-pekan sebelumnya, harga cabai merah keriting berada pada kisaran Rp 25.000 per kilogram.

Demikian halnya untuk jenis cabai rawit hijau, juga mengalami kenaikan harga mencapai Rp 4.500 per kilogram. “Jika pada pekan- pekan sebelumnya harga cabai rawit hijau ini hanya berkisar Rp 25.000 per kilogram, saat ini sudah mencapai Rp 29.000 per kilogram.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA