Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Alumni STMIK Nusa Mandiri Prodi SI Bisa Jadi Data Scientist

Rabu 01 Jan 2020 16:40 WIB

Red: Irwan Kelana

Beberapa mahasiswa STMIK Nusa Mandiri sedang berada di perpustakaan.

Beberapa mahasiswa STMIK Nusa Mandiri sedang berada di perpustakaan.

Foto: Dok STMIK Nusa Mandiri
Peluang kerja paling dicari di era perkembangan IT saat ini adalah data scientist.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mahasiswa lulusan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Nusa Mandiri program studi (Prodi) Sistem Informasi (SI) siap memanfaatkan peluang kerja menjadi data scentist.

Sukmawati Anggraeni, ketua program studi Sistem Informasi mengatakan,  bidang Information Technology (IT) saat ini sedang berkembang dengan pesat khususnya bidang sistem informasi.

“Sejalan dengan perkembangan IT tersebut, maka tenaga ahli di bidang sistem informasi menjadi satu profesi yang paling dicari”, ujar Sukmawati di STMIK Nusa Mandiri, Jalan  Kramat Raya nomor  18, Kwitang, Senen, Jakarta Pusat, Jumat (20/12) lalu.

Lebih lanjut Sukmawati menjelaskan,  peluang kerja yang paling dicari di era perkembangan IT saat ini yakni  data scientist.

Data scentist merupakan salah satu profesi yang sangat dibutuhkan saat ini terutama oleh perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan sosial media,”  kata Sukmawati dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menambahkan,  data scientist merupakan profesi yang memiliki ilmu pengetahuan di bidang statistika, pemrograman komputer, pengolahan database, machine learning, dan pemodelan matematika.

“Profesi data scientist merupakan profesi yang berhubungan dengan pengolahan data dan analisa data. Seorang data scientist bertugas mengumpulkan data, mengolahnya serta melakukan analisa data untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan perusahaan,”  ungkap Sukmawati.

Ia mengemukakan, untuk memenuhi tantangan dan mengikuti perkembangan IT saat ini, Prodi SI sudah menyiapkan kurikulum belajar-mengajar yang sesuai dengan perkembangan IT saat ini.

“Salah satunya adalah memasukkan materi untuk pengolahan data guna mendukung mahasiswa prodi SI dapat menjadi seorang data scientist,” tutup Sukmawati.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA