Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Kenangan Sang Anak Saat Yunahar Melawan Penyakit

Jumat 03 Jan 2020 19:12 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi

Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Yunahar Ilyas

Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Yunahar Ilyas

Foto: Republika TV/Muhammad Rizki Triyana
Awalnya penyakit almarhum diketahui Lebaran 2019 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Anak ketiga almarhum Yunahar Ilyas, Muhammad Hasnan Nahar, mengingat jelas saat bagaimana ayahnya melawan penyakit. Saat diderita berbagai penyakit, almarhum tidak mengeluh sama sekali. 

"Yang paling terngiang itu awal-awal Desember. Beliau bilang ya enggak apa-apa saya diberi sakit, soalnya sudah 63 tahun diberi nikmat. Bagi saya entah itu firasat atau bentuk kepasrahan, tapi itu mengena bagi saya," usai prosesi pemakaman almarhum di Pemakaman Karangkajen, Yogyakarta, Jumat (3/01). 

Hasnan menceritakan, almarhum menerima penyakit yang dideritanya. Ia pun menceritakan, awalnya penyakit almarhum diketahui pada Lebaran 2019 lalu. 

"Jadi rencananya, lusa setelah Idul Fitri itu mau ke Bukittinggi sekalian check up.  Setelah check up, diagnosis fungsi ginjal menurun," kata Hasnan. 

Setelah didiagnosa mengalami penurunan fungsi ginjal, almarhum pun melakukan perawatan pemulihan ginjalnya dengan dirawat di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan RS Sardjito. 

Bahkan, almarhum pun sudah direncakan untuk melakukan cangkok ginjal di RS Sardjito pada akhir Desember 2019. Namun, saat opname ketiga, almarhum juga didiagnosa mengalami gangguan pada paru-parunya. 

Sehingga, cangkok ginjal pun belum sempat dilakukan. Sebab, almarhum harus menjalani pemulihan untuk paru-paru sebelum menjalani cangkok ginjal. 

"Saat itu fokus pemulihan ginjalnya. Dalam perjalanannya, kena paru-parunya, collapse. Jadi yang kanan kempes, yang kiri ada beberapa lubang kecil. Kata dokter, tubuhnya harus fit (saat cangkok ginjal)" jelasnya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA