Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

53 Orang Meninggal Akibat Banjir Jakarta, Jabar, dan Banten

Sabtu 04 Jan 2020 12:32 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Reiny Dwinanda

Pasukan oranye yang sedang bertugas di tengah banjir, Jumat (3/1). BNPB mencatat 53 orang meninggal akibat banjir yang melanda Jakarta, Jabar, Banten.

Pasukan oranye yang sedang bertugas di tengah banjir, Jumat (3/1). BNPB mencatat 53 orang meninggal akibat banjir yang melanda Jakarta, Jabar, Banten.

Foto: Ali Yusuf/Republika
BNPB mencatat 53 orang meninggal akibat banjir yang melanda Jakarta, Jabar, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperbarui data jumlah korban banjir dan longsor yang melanda DKI Jakarta, Jawa Barat (Jabar), dan Banten. Menurut BNPB, bencana alam tersebut telah mengakibatkan 53 orang meninggal.

Baca Juga

"Korban meninggal dunia tercatat per 4 Januari 2020, pukul 10.00 WIB menjadi 53 orang dan 1 orang hilang," ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi BNPB Agus Wibowo, Sabtu (4/1).

Banjir dan longsor yang terjadi di Kabupaten Bogor menjadi yang paling banyak memakan korban jiwa, yaitu sebanyak 16 orang. Sementara itu, jumlah pengungsi saat ini ada 621 kepala keluarga yang terdiri dari 2.173 jiwa.

"Penambahan korban meninggal dunia terjadi di Kabupaten Lebak dan Kabupaten Bogor. Untuk Kabupaten Bogor lima orang meninggal, namun identitas masih belum diketahui," ujar Agus.

BNPB mencatat, total pengungsi dari ketiga provinsi tersebut mencapai 39.627 kepala keluarga dengan 173.064 anggota. Saat ini, Kepala BNPB Letjen Doni Monardo bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi tengah melakukan pemantauan bencana banjir dan menyambangi pengungsi di wilayah Lebak, Banten dan Bogor.

Setelah menyambangi daerah Pasir Madang, Sukajaya-Bogor pada pukul 09.35 hingga 11.30 WIB, kepala BNPB dan Menko PMK akan kembali ke Jakarta. Di Pasir Madang, keduanya melakukan peninjauan ke lokasi pengungsian.

"Pukul 12.00 WIB Kepala BNPB dijadwalkan akan melakukan konferensi pers di gudang BNPB, Jatiasih, Bekasi," ujar Agus.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA