Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Mudahkan Pendaftar UMS Gelar CBT Luar Kampus

Selasa 07 Jan 2020 15:00 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Gita Amanda

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Foto: ums.ac.id
Calon mahasiswa kini semakin dimudahkan pada pendaftaran seleksi PMB.

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA -- Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali mempermudah proses pendaftaran bagi calon mahasiswa, pada Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) tahun akadenik 2020/2021. Kiat ini dilakukan dengan menggelar pelaksanaan Computer Base Tes (CBT) calon mahasiswa baru di luar kampus, yakni dilaksanakan di sekolah-sekolah yang telah memiliki fasilitas laboratorium komputer.

Tak hanya di wilayah eks Karesidenan Surakarta atau wilayah Solo Raya, pelaksanaan CBT di luar kampus UMS tersebut, rencananya juga bakal dilaksanakan hingga daerah lain di wilayah pulau Jawa.

Selain itu, pelaksanaan tes berbasis komputer di luar kampus ini, juga bisa dilakukan dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas bus One Day Service (ODS) yang dimiliki oleh kampus UMS. "Sehingga calon mahasiswa (pendaftar) kini semakin dimudahkan pada pendaftaran seleksi PMB nanti," jelas Kasubag Promosi UMS, Maryadi, Senin (6/1) malam lalu.

Ia mengatakan, program CBT di luar kampus terus-menerus disosialisasikan oleh Tim Promosi Panitia PMB UMS kepada pihak terkait, terutama sekolah-sekolah yang bisa menyelenggarakan tes tersebut.

Tim Promosi PMB UMS akan memperbanyak sosialisasi ke daerah-daerah khususnya di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat bagian barat untuk menyosialisasikan dan menggandeng pihak sekolah. Pekan kemarin, tim datang ke Kabupaten Pati dan Kudus untuk menggencarkan sosialisasi program tes CBT di kedua daerah tersebut.

"Anggota Tim Promosi, Ahmad Nur Ridho sebelumnya telah bertemu dengan perwakilan Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) setempat," katanya.

Sambutan para guru MGBK di Pati dan Kudus sangat antusias dengan program tes daerah yang digelar oleh UMS ini. Karena terobosan ini akan memudahkan siswa SMA sekaligus calon pendaftar.

Karena calon mahasiswa tidak perlu jauh-jauh datang ke kampus UMS guna mengikuti tes CBT, namun bisa dilaksanaka di sekolah masing-masing,.

Selain itu terobosan tes CBT juga dilakukan UMS pada tahun ini dengan ODS bus layanan UMS. Karena penerimaan sistem CBT di daerah dari UMS sangat tinggi.

"Dalam waktu dekat program ini akan ditindaklanjuti dengan rencana kerjasama atau MoU dengan sejumlah sekolah yang ada di Kabupaten Kudus dan Pati," tambahnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA