Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Prodi Teknologi Laboratorim Medik UMP Raih Akreditasi B

Rabu 08 Jan 2020 16:14 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Foto: wordpress.com
Saat ini, UMP memiliki lebih dari 43 program studi di 12 fakultas.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Hanya dalam waktu tiga tahun, Program Studi DIV Teknologi Laboratorium Medik Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah, berhasil mendapatkan akreditasi B dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes).

''Prodi ini sebenarnya baru berdiri 2016 lalu. Namun hanya dalam jangka waktu tiga tahun, sudah ini berhasil mendapatkan nilai 315 dengan peringkat B (Baik),'' jelas Dekan Fikes UMP, Ikhsan Mujahid, yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Aset, Rabu (8/1).

Menurutnya, raihan skor akreditasi B ini tak lepas dari prestasi-prestasi yang diperoleh dosen maupun mahasiswa Prodi TLM. Lebih dari itu, Prodi TLM juga masih sangat jarang dimiliki perguruan tinggi.

Dengan keberhasilan ini, Ikhsan menegaskan, pihaknya tidak akan berhenti berusaha menjadi yang lebih baik. Berbagai peningkatan kualitas akan terus  dilakukan agar mencapai target akreditasi yang lebih tinggi.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerja Sama Dr Jebul Suroso mengatakan, UMP saat ini menjadi kampus terbaik ke 5 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Indonesia.

''Saat ini, UMP memiliki lebih dari 43 program studi di 12 fakultas. Dari jumlah prodi sebanyak itu, enam prodi di antaranya sudah terakreditasi A. Sedangkan lainnya, memiliki akreditasi B mantap yang tinggal setahap lagi meraih akreditasi A,'' jelasnya.

Selain itu, kata Jebul, UMP juga memiliki lima program profesi dan penyelenggara PPG. Sedangkan untuk program pasca sarjana, UMP telah memiliki program magister untuk bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Manajemen, Pendidikan IPS, Pendidikan Dasar, Farmasi, dan Pendidikan Agama Islam.

''Kalau program profesi, UMP memiliki program pendiri profesi untuk apoteker, Profesi Ners (keperawatan), Profesi Dokter, Profesi Kebidanan, dan Profesi Pendidikan Guru,'' ujar dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA