Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Nominasi Oscar Tahun Ini Masih Dibayangi Kritik

Selasa 14 Jan 2020 10:43 WIB

Red: Indira Rezkisari

Para wanita yang masuk di jajaran nominasi aktris terbaik di Oscar 2020.

Para wanita yang masuk di jajaran nominasi aktris terbaik di Oscar 2020.

Foto: AP
Kritik bagi seniman berwarna hingga minimnya sineas wanita selimuti nominasi Oscar.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Gumanti Awaliyah, Shelbi Asrianti, Febryan A, Antara

Film yang diangkat dari komik gelap "Joker" menjadi nominator terbanyak Oscar 2020, dengan meraih 11 nominasi. Di antaranya kategori film terbaik, sutradara terbaik untuk Todd Philips dan aktor terbaik untuk Joaquin Phoenix.

“Joker adalah studi karakter yang mencerminkan dunia di sekitar kita. Mengeksplorasi apa yang kami lihat dan rasakan di masyarakat, dari hilangnya empati hingga efek dari tiadanya cinta,” kata Phillips dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Reuters, Selasa (14/1).

Untuk menyabet piala Oscar, Joker akan bersaing dengan film Ford v Ferrari, The Irishman, Jojo Rabbit, Marriage Story, film 1917, Once Upon a Time in Hollywood, dan film sindiran sosial Korea Selatan, Parasite.

Namun, film Joker yang sukses meraih pendapatan lebih dari 1 miliar dolar AS dari penayangan seluruh dunia diprediksi bakal bisa mengalahkan para pesaingnya tersebut. Piala Oscar akan diberikan di Hollywood pada 9 Februari.

Film-film dari Netflix juga berhasil mendapat 24 nominasi. Misalnya untuk drama biografi The Two Popes dan film dokumenter American Factory, hasil kolaborasi dengan perusahaan produksi milik mantan Presiden AS Barack Obama dan istrinya Michelle.

Film drama romantis adaptasi dari novel klasik Louisa May Alcott yakni Little Women juga menjadi nominasi untuk Best Picture. Sutradara Little Women, Greta Gerwig tidak masuk nominasi sutradara terbaik namun ia meraih nominasi untuk penulis skenario adaptasi. Bintang-bintang Saoirse Ronan dan Florence Pugh juga mendapat nominasi.

Pugh mengatakan, tidak masuknya Gerwig ke dalam nominasi sutradara terbaik merupakan kabar menyedihkan. "Dia membuat filmnya dengan baik. Orang-orang mengakui karya dan bakat Gerwig. Jadi sesedih itu,” kata Pugh.

Produser Little Women, Amy Pascal mengatakan filmnya telah membuat sejarah dengan menjadi film ketiga yang pernah dinominasikan untuk film terbaik yang disutradarai dan diproduksi secara eksklusif oleh para wanita.

Namun, kritikus film Owen Gleiberman menilai kekecewaan tersebut menjadi hal wajar. Dia tidak memandang, tidak masuknya Greta Gerwig dari daftar nominasi sutrarada terbaik tahun ini sebagai keputusan berbasis gender.

Nominasi Oscar tahun ini disebut berhasil menghindari kontroversi Oscar So White atau nominator yang seluruhnya berkulit putih. Kontroversi tersebut terjadi di tahun 2015 dan 2016.

Saat itu tidak ada seniman yang tidak berkulit putih yang masuk nominasi. Academy pun dianggap tidak memiliki kehormatan pada diversifikasi seniman di industri film Hollywood.

Tapi tahun ini hanya ada satu aktris kulit hitam yang masuk nominasi. Dia adalah Cynthia Erivo, yang memerankan Harriet Tubman di film Harriet.

Dikutip dari New York Times, Erivo mengatakan sebenarnya tidak cukup bila nominasi untuk seniman selain kulit putih hanya jatuh padanya. "Ada banyak karya yang dilakukan pria dan wanita yang kulitnya berwarna tahun ini yang harusnya bisa diperhatikan," ujar dia.

Pengumuman nominasi Oscar muncul sepekan setelah pengumuman BAFTA. Pengumuman nominasi BAFTA juga bahkan berisi nominator yang seluruhnya berkulit putih.

BAFTA telah meminta Erivo untuk membawakan lagu "Stand Up" dari film Harriet. Dia menolak undangan tersebut karena merasa penampilannya tidak pas.

Sembilan sinema bersaing untuk kategori utama film terbaik. Sedang sineas yang mendapat nominasi penyutradaraan terbaik cukup beragam.

Yaitu Bong Joon Ho (Parasite) bersaing dengan Sam Mendes (1917), Todd Phillips (Joker), Martin Scorsese (The Irishman), dan Quentin Tarantino (Once Upon a Time in Hollywood).

Gelar aktor terbaik diperebutkan oleh lima pemeran kawakan. Antonio Banderas (Pain and Glory), Leonardo DiCaprio (Once Upon a Time in Hollywood), Adam Driver (Marriage Story), Joaquin Phoenix (Joker), dan Jonathan Pryce (The Two Popes).

Para aktris yang dijagokan untuk gelar terbaik juga sangat mumpuni. Mereka adalah Cynthia Erivo (Harriet), Scarlett Johansson (Marriage Story), Saoirse Ronan (Little Women), Charlize Theron (Bombshell), dan Renée Zellweger (Judy).

Sebenarnya, sepanjang 2019 ada sejumlah film dengan bintang berkulit berwarna. Mereka meraih nominasi di ajang lainnya seperti Golden Globes, Critics’ Choice Awards, dan Screen Actors Guild Awards.

Yaitu, Jennifer Lopez untuk Hustlers, Awkwafina di film Farewell yang bahkan keluar sebagai pemenang di Golden Globe.

Lalu Lupita Nyong’o di film Us. Kemudian Eddie Murphy dari Dolemite Is My Name, Song Kang-ho untuk Parasite, Zhao Shuzhen di Farewell, dan Jamie Foxx di film Just Mercy.

Academy juga seperti biasa membagikan nominasi untuk film berbahasa asing. Dari kerusuhan di Paris hingga peternakan lebah di Makedonia Utara, nominasi Oscar 2020 untuk film berbahasa asing terbaik terdiri dari rentang topik yang luas.

Dipimpin oleh film satir Korea Selatan Parasite, anggota Academy of Motion Picture Arts and Sciences juga memasukkan film dari Polandia, Prancis dan Spanyol.

Meski demikian, Atlantics dari Senegal yang mengisahkan imigran dan mereka yang ditinggalkan karya sutradara perempuan Mati Diop gagal masuk daftar nominasi meski menang di Festival Film Cannes tahun lalu.

Parasite, tentang kesenjangan si kaya dan miskin di Korea Utara, menang beruntun di mancanegara, termasuk Golden Globe, enam nominasi Oscar seperti film terbaik, sutradara terbaik untuk Bong Joon Ho dan skenario terbaik.

Tahun ini Academy mengubah nama kategori dari film berbahasa asing menjadi film internasional untuk merefleksikan pendekatan inklusif dan positif untuk film yang dibuat di luar Hollywood.

Spanyol diwakili sutradara Pedro Almodovar yang membuat semiotobiografi Pain and Glory, mengenai depresi dan proses kreatif. Film yang dibintangi Penelope Cruz juga mendapat nominasi aktor terbaik untuk Antonio Banderas.

Walau judulnya sama, Les Miserables dari Prancis yang ditulis dan disutradarai Ladj Ly, putra dari imigran Mali, terinspirasi dari kerusuhan 2005 di daerah kelas pekerja multi-etnis Paris, juga menjadi pemenang di festival film Cannes.

Corpus Christi dari Polandia adalah film drama tentang pria muda dengan latar belakang kriminal yang kemudian menjadi seorang pendeta. "Sungguh menakjubkan bahwa sebuah kisah Polandia ... dijadikan universal, diceritakan dengan benar, dapat dimengerti di seluruh dunia," kata Krzysztof Rak, salah satu produser, kepada wartawan di Warsawa, Senin (13/1).

Honeyland dari Makedonia Utara, mengangkat kisah salah satu peternak lebah liar di desa terpencil di bekas wilayah Yugoslavia. Film yang dipuji karena menggabungkan kisah hidup manusia dengan alam ini menang tiga penghargaan di Festival Film Sundance tahun lalu. Film ini juga dinominasikan di Oscar dalam kategori film dokumenter terbaik.

Daftar nominasi Academy Awards 2020:

Film Terbaik: The Irishman, Once Upon a Time in Hollywood, Parasite, Marriage Story, 1917, Jojo Rabbit, Joker, Little Women, dan Ford v Ferrari.

Aktor Terbaik: Joaquin Phoenix - Joker, Adam Driver - Marriage Story, Leonardo DiCaprio - Once Upon a Time in Hollywood, Antonio Banderas - Pain and Glory, dan Jonathan Pryce - The Two Popes.

Aktris Terbaik: Renee Zellweger - Judy, Charlize Theron - Bombshell, Scarlett Johansson - Marriage Story, Saoirse Ronan - Little Women, dan Cynthia Erivo - Harriet.

Sutradara Terbaik: Martin Scorsese - The Irishman, Quentin Tarantino - Once Upon a Time in Hollywood, Bong Joon Ho - Parasite, Sam Mendes - 1917, dan Todd Phillips - Joker.

Aktor Pendukung Terbaik: Brad Pitt - Once Upon a Time in Hollywood, Al Pacino - The Irishman, Joe Pesci - The Irishman, Tom Hanks - A Beautiful Day in the Neighborhood, dan Anthony Hopkins - The Two Popes.

Aktris Pendukung Terbaik: Laura Dern - Marriage Story, Margot Robbie - Bombshell, Florence Pugh - Little Women, Scarlett Johansson - Jojo Rabbit, dan Kathy Bates - Richard Jewell.

Naskah Asli Terbaik: Marriage Story, Once Upon a Time in Hollywood, Parasite, Knives Out, dan 1917.

Naskah Adaptasi Terbaik: The Irishman, Jojo Rabbit, Joker, Little Women, dan The Two Popes.

Film Animasi Terbaik: How to Train Your Dragon: The Hidden World, I Lost My Body, Klaus, Missing Link dan Toy Story 4.

Film Dokumenter Terbaik: American Factory, The Cave, The Edge of Democracy, For Sama, dan Honeyland.

Film Berbahasa Asing Terbaik: Corpus Christi - Polandia, Honeyland - Makedonia Utara, Les Miserables - Prancis, Pain and Glory - Spanyol, dan Parasite - Korea Selatan.

Lagu Orisinal Terbaik: I Can’t Let You Throw Yourself Away - Toy Story 4, (I’m Gonna) Love Me Again - Rocketman, I’m Standing With You - Breakthrough, Into the Unknown - Frozen 2, dan Stand Up - Harriet.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA