Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Mahfud Minta Intelektual Beri Solusi, tidak Cuma Menyalahkan

Selasa 14 Jan 2020 20:57 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD

Foto: Republika TV/Surya Dinata
Ia mengajak kaum intelektual agar memberikan masukan berarti atas permasalahan bangsa

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Menkopolhukam, Mahfud MD mengatakan, kaum intelektual harus bisa memberikan solusi atas masalah-masalah bangsa. Jadi, komentar-komentar yang diucapkan tidak cuma menyalahkan pemerintah, tapi bisa memberi masukan.

Ia menilai, kadang ada saja orang-orang yang mempersoalkan istilah, ada pula orang-orang yang mengusulkan sesuatu yang berbahaya. Tapi, ketika yang berbahaya itu benar-benar terjadi mereka tidak bertanggung jawab atas apa yang sebenarnya mereka usulkan.

"Jika diminta tanggung jawab, orang-orang itu bilang itu tanggung jawabmu (pemerintah). Mereka cuma mengusulkan," kata Mahfud Mahfud saat memberi pidato pembuka Dialog Kebangsaan di Auditorium Abdulkahar Mudzakir Universitas Islam Indonesia (UII), Selasa (14/1).

Ia menilai, hari ini banyak orang-orang seperti itu tampil di televisi yang ketika ada yang salah harius mengikuti kehendaknya. "Nah, sekarang kalau itu salah, konsepmu apa Pak Rocky (Gerung-Red)? Konsepmu apa?" katanya menambahkan.

Untuk itu, ia mengajak kaum intelektual agar dapat memanfaatkan kemampuan diri memberikan masukan-masukan berarti atas permasalahan bangsa. Sehingga, tidak cuma menyalahkan pemerintah dan mengelak jika menyelesaikan itu cuma tugas pemerintah. 

"Lah kok jawabannya begitu intelek, jawaban kampungan itu. Harus tahu dong konsepnya, bukan kalau menyalahkan lalu ditanya bukan urusan saya, saya hanya tahu masalahnya, katanya. Masalahnya urusanmu cari sendiri, kalau begitu tidak intelek," ujar Mahfud.

Mahfud menegaskan, semua elemen bangsa harus memberi sumbangsih menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi bangsa ini. Karenanya, ia mengajak semua elemen bangsa mengambil tanggung jawab bersama untuk kelangsungan bangsa Indonesia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA