Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Pengamat: Kandidat Rekomendasi Sesepuh PAN Bukan Figur Kuat

Ahad 19 Jan 2020 16:43 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ratna Puspita

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno

Foto: Republika/Mimi Kartika
Adanya rekomendasi sesepuh PAN justru menunjukkan kandidat butuh modal sosial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Adi Prayitno menilai kandidat calon ketua umum PAN yang direkomendasikan politikus senior partai belum menunjukan figur yang kuat. Adi mengatakan, rekomendasi atau endorcement justru sebagai bukti modal kandidat untuk menggalang dukungan suara di Kongres PAN Februari mendatang.

Baca Juga

Ini disampaikan Adi menyusul adanya dua kandidat calon cetum PAN yang secara terang-terangan didukung senior PAN Amien Rais dan Hatta Rajasa. "Calon ketua umum yang masih membutuhkan endorsement senior partai menunjukkan kandidat tersebut belum menjadi figur yang kuat di PAN, buktinya dalam menggalang dukungan pun masih membutuhkan dukungan senior partai," ujar Adi saat dihubungi wartawan, Ahad (19/1).

Adi justru menyoroti kandidat dari pejawat Zulkifli Hasan yang maju tanpa dukungan senior partai. Adi menilai, itu justru bukti bahwa Zulkifli Hasan sudah menjadi figur yang kuat dan berpengaruh di PAN. 

Menurutnya, menjadi diri sendiri di bursa pemilihan ketum PAN adalah modal penting untuk berkomunikasi secara langsung dengan pengurus pengurus daerah. Alih-alih mendapat dukungan dari senior partai.

"Buktinya tanpa endorsement pun posisi Zulhas saat ini masih punya peluang besar untuk menang. Terbukti dari dukungan 30 DPW dan 300 lebih DPD," ujarnya.

Karena itu, ia menilai Kongres PAN yang akan digelar pada awal Februari mendatang akan tetap menjadi pertarungan antara kandidat yang berkompetisi, bukan senior partai. Meski, kedua senior partai baik Amien Rais maupun Hatta Rajasa sudah identik dengan PAN.

"Yang jelas pertarungan yang ideal adalah pertarungan yang mengkapitalisasi kemampuan diri untuk memajukan PAN. Bukan membawa sentimen dukungan sesepuh PAN yang tak ikut bertanding, Karena hakikat pertarungan adalah antar tiga kandidat itu, bukan dengan senior PAN," katanya.

Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar kongres yang dijadwalkan pada awal Februari 2020 di Kendari, Sulawesi Tenggara. Pengaruh Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN).

Amien Rais diketahui memberikan dukungan kepada Mulfachri Harahap untuk menantang pejawat, Zulkifli Hasan di Kongres IV PAN. Selain Mulfachri dan Zulhas, ada nama Dradjad Wibowo, dan Asman Abnur yang ikut masuk bursa calon ketua umum (caketum).

Asman Abnur disebut mendapat dukungan Hatta Rajasa maju sebagai calon ketua umum pada kongres PAN.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA