Saturday, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 February 2020

Saturday, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 February 2020

Mulfachri Nilai Penting Dukungan Senior di Kongres PAN

Jumat 24 Jan 2020 14:35 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani

Wakil Ketua Umum PAN DPR RI Mulfachri Harahap.

Wakil Ketua Umum PAN DPR RI Mulfachri Harahap.

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Dukungan senior PAN seperti Amien Rais dianggap menentukan dalam kongres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Amanat Nasional (PAN) segera menggelar pemilihan ketua umum pada kongres yang digelar Februari nanti. Wakil Ketua Umum PAN, Mulfachri Harahap menilai dukungan senior partai, seperti Amien Rais benar-benar penting untuk menghadapi kontestasi.

"Saya kira dukungan dari senior tentu penting dari semua, apalagi sekaliber Pak Amien, saya tentu penting dukungan," ujar Mulfachri di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (23/1).

Menurutnya, dukungan dari senior partan merupakan tanda bahwa seorang calon ketua umum pantas menjadi pemimpin. Apalagi jika dukungan itu datang dari Amien Rais, yang merupakan salah satu pendiri PAN.

"Semacam mengkonfirmasi bahwa memang calon yang dapat dukungan dari senior ya dianggap layaklah, kira-kira untuk memimpin partai ke depan," ujar Mulfachri.

Guna mengantongi dukungan, ia bersama loyalisnya mengaku telah berkeliling ke sejumlah DPW PAN. Namun, ia masih enggan memberi tahu jumlah DPD atau DPW yang telah mendukungnya.

"Tapi mudah-mudahan kalau saya melihat respons teman-teman ketika kita melakukan sosialiasi ke daerah ketika kita membangun interaksi," ujar Mulfachri.

Terkait Kongres PAN, Mulfachri mengaku belum mengetahui lokasi dan waktu penyelenggaraannya. Kabar-kabar yang terkait hal tersebut juga dipastikannya masih sebatas isu saja.

"Kalau dalam pandangan saya itu masih sebatas rumor. Baik tempat maupun tanggal penyelenggaraan, kan harus sesuai dengan aturan organisasi, nah belum ada ditetapkan," ujar Mulfachri.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan, Kongres PAN akan digelar di Provinsi Sulawesi Tenggara pada 12 Februari 2020. Acara tersebut akan mengagendakan pemilihan ketua umum.

"Kira-kira tanggal 12 Februari. Lagi dikonfirmasi tempat, hotel segala macam. Tapi kira-kita tanggal 12, di Sulawesi Tenggara," kata Zulkifli.

Saat ini, kandidat yang dipastikan maju sebagai calon ketua umum adalah Zulkifli Hasan, Asman Abnur dan Mulfachri. Terkait restu Amien Rais, Zulkifli mengatakan bahwa dukungan itu tidak akan membuat pemilihan ketua umum PAN menjadi semakin memanas.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA