Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Hanura Siap Dukung Gibran di Solo dengan Syarat

Sabtu 25 Jan 2020 08:09 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Nur Aini

Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka (tengah)

Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka (tengah)

Foto: Antara/R. Rekotomo
OSO menyebut Hanura siap mendukung siapa saja yang memiliki kemampuan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang menyatakan partainya siap mendukung langkah anak Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka bila melaju di kontestsi Pilkada Solo. Asalkan, Gibran memiliki kemampuan berorganisasi dan mampu memimpin daerah. 

"Kalau kita, pasti mendukunglah siapa yang mau, pasti saya dukung asal memang punya kemampuan di dalam berorganisasi dan memimpin daerah jadi siapapun kita dukung," kata OSO saat ditanya soal peluang Gibran di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (24/1) malam. 

Di daerah, kata OSO, akan ada pertimbangan dan seleksi yang dilakukan oleh pengurus di daerah untuk melihat calon-calon kepala daerah yang potensial. Setelah itu, DPP akan menentukan dukungannya, termasuk pada Gibran bila ia memang positif bakal maju di Solo. 

Baca Juga

Di kesempatan yang sama, OSO juga membela keputusan Gibran yang selama ini dinilai sebagai upaya Jokowi membangun Dinasti Politik. OSO menyebut hal itu tidak benar. 

Eks Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI itu pun mengklaim Gibran akan melakukan pendekatan pada partai. "Semua calon-calon tu mengadakan pendekatan pada semua partai karena mereka semua mengharapkan semua partai mendukung. Iya dong apalagi hanura," ujar OSO. 

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto pun mengakui peluang berkoalisi dengan Hanura di Pilkada 2020 terbuka lebar. Ia menilai, sebanyak 807 anggota DPRD yang dimiliki Hanura ini menjadi sebuah potensi. Ia menyatakan, PDIP siap bekerja sama.

"Karena kita melihat hubungan yang telah terjalin dengan baik pada pilpres yang lalu, ini menjadi modal dasar dan di antara kami sudah saling memahami personal dan kondisi partai masing-masing," ujar Hasto di JCC Senayan, Jumat (25/1).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA