Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Dradjad Ingin Otoritas Pilkada Diserahkan ke DPW/DPD PAN

Senin 27 Jan 2020 09:00 WIB

Red: Joko Sadewo

Dradjad Wibowo

Dradjad Wibowo

Foto: republika/joko sadewo
Penyerarahan otoritas pilkada ke DPW/DPD PAN akan membuat kader tangguh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —  Jika terpilih menjadi ketua umum PAN, bakal calon ketua umum PAN Dradjad Wibowo (DW) akan memberikan otonomi sesuai Peraturan Organisasi secara konsisten bagi DPW dan DPD PAN. Otonomi ini diharapkan akan makin memberdayakan kader di daerah dan menjadi stimulus untuk lahirnya kader-kader daerah yang tangguh. Dan ini sebetulnya hal ini sudah dilakukan DW di era 2010-2015 lalu.

Politikus PAN, yang menjadi tim pemenangan DW, Andri W Kusuma, mengatakan salah satu otonomi yang akan diberikan DW adalah terkait dengan pemilihan kepala daerah (pilkada). Baik itu pilkada kabupaten/kota ataupun tingkat provinsi.

"DPW dan DPD akan diberikan otonomi untuk menentukan calon yang akan dimajukan di daerahnya," kata Andri dalam perbincangan dengan republika.co.id, Senin (27/1).

Alasan pemberian kewenangan ini, menurut Andri, selain memang sesuai peraturan organisasi juga buat DW sdh menjadi kebutuhan juga karena DPW/DPD diyakini memiliki pemahaman akan potensi yang dimiliki di wilayahnya. Mereka diyakini lebih memahami potensi kader maupun tokoh yang ada di sekitarnya dalam memenangi pilkada.

Tidak itu saja, lanjut Andri, kewenangan menentukan calon juga akan membuat kader-kader di daerah bersemangat. Mereka akan berjuang habis-habisan untuk memenangkan pilkada. "Kami optimistis otonomi ini bisa membuat kemenangan pilkada meningkat," kata Andri.

Mengenai peran DPP PAN, Andri mengatakan, salah satu hal yang harus diutamakan adalah membangun citra PAN. Termasuk membangun opini di media massa maupun media sosial. Tokoh-tokoh di DPP PAN harus menjadi figur yang dikenal publik dengan ide, gagasan, maupun sikap kritisnya.

Andri mencontohkan, pada Pilpres 2019, sejumlah tokoh dari partai lain, banyak yang aktif di media massa maupun media sosial. Ternyata hal ini memberi imbas yang positif bagi citra partai, dan berujung pada kenaikan perolehan suara.

"Peran-peran seperti ini yang harusnya banyak dimainkan oleh DPP PAN. Jadi urusan pilkada serahkan saja pada DPW/DPD PAN," ungkap dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA