Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Menkes Percaya Pemerintah Cina dalam Tangani Virus Corona

Senin 27 Jan 2020 22:01 WIB

Red: Bayu Hermawan

 Petugas medis mengenakan pakaian proteksi lengkap di kota Wuhan, China, yang terkena wabah virus Corona.

Petugas medis mengenakan pakaian proteksi lengkap di kota Wuhan, China, yang terkena wabah virus Corona.

Foto: Chinatopix via AP
Menkes percaya pada Pemerintah Cina dalam menanggani penyebaran virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mempercayai langkah-langkah penanganan penyebaran virus corona yang dilakukan oleh Pemerintah Cina. Menkes juga menghargai kebijakan pemerintah Cina yang belum memperbolehkan WNI untuk meninggalkan negara itu.

"Saya bagaimanapun juga percaya sama China. Kalau memang ndak boleh keluar (warga Indonesia di China), ndak boleh keluar," ujar Menteri Kesehatan di Manado, Senin (27/1).

Terawan melanjutkan, Pemerintah Cina juga bertanggung jawab untuk tidak menyebarkan sesuatu, termasuk virus corona ke Indonesia. Menurut Menkes, apa yang dilakukan pemerintah China (belum mengizinkan pulang warga Indonesia) harus dihargai sebagai sebuah upaya ketahanan kesehatan dunia.

"Ketahanan kesehatan nasional masing-masing saling dijaga supaya kesehatan dunia terjadi. Mereka pasti menyatakan tidak akan mengizinkan kalau membawa wabah baru ke negara lain," katanya.

Menteri Kesehatan hanya berharap bersabar dan berdoa sampai pemerintah China menyatakan warga Indonesia yang ada di negara itu bisa kembali ke Tanah Air dengan "bersih" dari penyakit.

"Itu yang paling penting (menyatakan bersih). Bila tidak, mereka bertangung jawab berani mengirimkan orang-orang yang belum bersih," ujarnya.

Menkes juga berharap media di Indonesia ikut menolong meredakan sehingga suasana di negara ini nyaman, tidak ada hal dirisaukan, karena yang harus risau adalah Kemenkes dan jajarannya.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA