Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Mahasiswa UBSI Prodi SIA Ikuti Sertifikasi ABSS

Selasa 28 Jan 2020 00:54 WIB

Red: Irwan Kelana

Suasana workshop dan sertifikasi Asian Business Software Solutions (ABSS) di UBSI Kampus Bogor.

Suasana workshop dan sertifikasi Asian Business Software Solutions (ABSS) di UBSI Kampus Bogor.

Foto: Dok UBSI
Kegiatan itu diikuti 91 mahasiswa semester tiga.

REPUBLIKA.CO.ID,

 

BOGOR -- Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Fakultas Teknik dan Informatika,  Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) mengadakan workshop dan sertifikasi Asian Business Software Solutions(ABSS). Workshop ini diikuti oleh mahasiswa semester tiga dengan total peserta sekitar 91 orang. 

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari ini dilaksanakan di UBSI Kampus Bogor, Jalan  Merdeka nomor  168,  Bogor, Jawa Barat, 22-23 Januari 2020.

Sri Wasiyanti, kepala Program Studi (Kaprodi) PSDKU Kampus Bogor mengatakan,  ABSS merupakan salah satu software akuntansi yang dapat digunakan untuk pembuatan pembukuan/laporan keuangan sebuah perusahaan, baik perusahaan dagang ataupun jasa. 

“ABSS diterapkan di salah satu mata kuliah Prodi  Sistem Informasi Akuntansi khusus untuk mahasiswa  semester tiga  dengan nama Aplikasi Komputer Akuntansi  II,”  ujar Sri dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menambahkan, workshop dan Sertifikasi ABSS itu didampingi oleh Dini Nurlaela dan Lila Dini Utami selaku perwakilan dari Unit Pengembangan Akademik Sistem Informasi Akuntansi (UPA SIA).

“Pada  hari pertama,  mahasiswa diberikan pembekalan terlebih dahulu mengenai ABSS. Mahasiswa dipandu untuk mengerjakan soal latihan ABSS secara bersama-sama sekaligus dipraktikkan secara langsung oleh tutor,”  papar Sri.

Pada hari kedua,  mahasiswa memulai mengerjakan soal ujian sertifikasi, dengan terlebih dahulu dijelaskan tata cara penilaian dan apa saja yang harus dikumpulkan saat waktu telah habis.

“Kegiatan sertifikasi ini diharapkan mampu menjadi tolok ukur kemampuan mahasiswa dalam mengenal, memahami, dan mempraktikkan aplikasi ABSS.  Mereka tidak hanya mengenal akuntansi secara perhitungan manualnya saja, tapi juga mampu mengimplementasikannya ke dalam sebuah software akuntansi,”  kata Sri.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA