Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Pemprov Jabar Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Baleendah

Selasa 28 Jan 2020 05:21 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda

Pemprov Jabar salurkan bantuan untuk pengungsi banjir Baleendah. Foto seorang anak membawa tas melintasi genangan banjir di Jalan Katapang Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, (ilustrasi).

Pemprov Jabar salurkan bantuan untuk pengungsi banjir Baleendah. Foto seorang anak membawa tas melintasi genangan banjir di Jalan Katapang Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, (ilustrasi).

Foto: Abdan Syakura_Republika
Banjir akibat curah hujan tinggu membuat 300 warga Baleendah harus mengungsi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Daud Achmad mengunjungi korban terdampak banjir Baleendah yang mengungsi di Sekretariat Posko Siaga Darurat Banjir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Senin (27/1).

Pada kunjungan kali ini, Daud sekaligus menyerahkan bantuan logistik dari Pemerintah Provinsi Jabar antara lain berupa makanan, pakaian, selimut, hingga obat-obatan. Daud mengatakan, saat ini pihaknya fokus mememuhi kebutuhan warga terdampak banjir selain upaya pencegahan banjir yang terus dilakukan.

"Kami ditugaskan oleh Bapak Gubernur (Ridwan Kamil) khususnya menengok para pengungsi, jadi kami datang ke sini dan juga membantu para pengungsi. Kami kirim mi instan, air mineral, selimut, pakaian, dan logisitik lainnya yang dibutuhkan oleh warga," papar Daud.

Adapun sebanyak 300 warga berada di posko pengungsian sejak tiga hari lalu. Banjir akibat curah hujan yang tinggi membuat mayoritas warga Baleendah itu harus bertahan di pengungsian hingga air yang merendam sebagian rumahnya surut.

Daud juga memastikan bahwa Pemprov Jabar bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jabar dan Pemda Kabupaten Bandung serta TNI/Polri dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Provinsi Jabar akan selalu siaga membantu warga.

"Yang jelas bahwa kami tadi berkoordinasi dengan BPBD Jabar dan Kabupaten Bandung semua siaga, kemudian kita juga melakukan evakuasi kepada masyarakat yang memerlukan pertolongan. Jadi prioritas adalah menyelamatkan warga," kata Daud seraya mengatakan kepada warga yang terdampak, ia berharap untuk bersabar menghadapi musibah dan yang jelas pemerintah akan selalu siaga membantu masyarakat.  

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA