Jumat, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 Februari 2020

Jumat, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 Februari 2020

Alasan PAN Gelar Kongres ke-V di Kendari Sulawesi Tenggara

Sabtu 08 Feb 2020 05:52 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bayu Hermawan

Saleh Partaonan Daulay

Saleh Partaonan Daulay

Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
PAN mengatakan dipilihnya Kendari merupakan bentuk penghargaan atas prestasi Pileg.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Steering Comittee (SC) Kongres ke-5 Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay mengatakan dipilihnya Kendari, Sulawesi Tenggara, sebagai lokasi kongres merupakan bentuk penghargaan atas prestasi pada pemilihan legislatif (Pileg) 2019. Saleh berharap, kongres PAN di Kendari bisa memberikan dampak positif bukan hanya untuk partainya namun juga masyarakat Sultra.

"Pelaksanaan di Sultra ditujukan juga sebagai bentuk apresiasi terhadap keberhasilan mereka dalam memenangkan pileg yang lalu," ujar Saleh kepada wartawan, Jumat (7/2).

Selain itu, banyak kader PAN yang pernah memimpin daerah-daerah di Sulawesi Tenggara. Beberapa di antaranya, seperti mantan Gubernur Sultra selama dua periode Nur Alam dan Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau Pasha 'Ungu'.

"Terbukti PAN bisa menempatkan kadernya sebagai Ketua DPRD Provinsi. Begitu juga perolehan kursi DPRD di kabupaten/kota yang meningkat," kata Saleh.

Ia berharap, Kongres V PAN dapat berjalan dengan lancar dan baik. Serta memberikan dampak positif kepada masyarakat Sultra, khususnya Kendari. "Diharapkan akan berdampak positif bagi Sultra. Selain berharap mendatangkan wisatawan, perhelatan kongres diyakini akan membangkitkan perekonomian masyarakat di sana," ujar Saleh.

Sementara itu, Ketua DPW PAN Sultra Abdurrahman Saleh mengatakan bahwa Kendari siap menjadi tuan rumah Kongres V. Fasilitas, sarana, dan prasarana penunjamg acara juga disebutnya telah rampung.

OC disebut siap mengakomodasi peserta kongres di 32 hotel yang terdiri dari 1.200 kamar. Selain itu, sarana transportasi juga telah disiapkan pihaknya. Agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar pada 10 hingga 12 Februari mendatang.

Dalam acara tersebut, juga akan diadakan pesta rakyat yang mengambil tema "Pagelaran Anak Negeri". Di mana akan menampilkan hiburan, seperti tarian dengan pakaian adat.

"Kongres V PAN Sultra benar-benar menjadi pesta rakyat, karena dalam pembukaan akan menampilkan adat yang ada di Sultra," ujar Abdurrahman.

Ia berharap, Kongres V PAN dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Kendari. Serta menjadi momentum kebangkitan PAN. "Agenda lima tahunan ini akan berdampak positif di semua sektor kepada masyarakat, khususnya para pelaku usaha," ujar Abdurrahman.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA