Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Komunitas Alumni Jepang di Indonesia Rayakan HUT ke-10

Senin 10 Feb 2020 23:31 WIB

Red: Bayu Hermawan

Komunitas Alumni Jepang di Indonesia

Komunitas Alumni Jepang di Indonesia

Foto: istimewa
Komunitas Alumni Jepang di Indonesia merayakan HUT ke-10 pada 8 Februari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komunitas Alumni Jepang di Indonesia (KAJI) merayakan ulang tahun ke-10 komunitas itu. Perayaan perjalanan 10 tahun KAJI digelar di Hotel Horison Bekasi, pada 8 Februari lalu.

Chairman KAJI, Fuad A Kadir mengatakan sebanyak 120 anggota KAJI serta undangan dari berbagai macam latar belakang orang Indonesia dan Jepang menghadiri perayaan tersebut. "Dalam 10 tahun perjalanan, KAJI yang awalnya adalah mailing list dengan 1.688 anggota, kemudian berkembang ke medsos group Kaji dengan jumlah pengikut saat ini mencapai 41,393 orang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (10/2).

Dalam perayaan itu, Director of Information and Culture Kedutaan Besar Jepang Mr. Takahiro Wakabayashi mengapresiasi hadirnya komunitas KAJI. Menurutnya, selama ini KAJI telah banyak membantu dalam mempererat hubungan Indonesia dan Jepang.

"Dalam acara ulang tahun kali ini, kami menampilkan empat pembicara, yaitu Bapak M. Abas Ridwan, Wakil Dubes Indonesia di Jepang 2018 – 2019, Departemen Luar Negeri RI, yang  mengupas tentang peluang kerjasama di antara Indonesia dan Jepang dari sisi Pemerintahan. Kemudian kang Usman Choiruddin Naito, CEO & Founder, Hamaren Group, mempresentasikan tentang pengalaman perjalanan hidup beliau sebagai pengusaha Indonesia yang tinggal di Jepang," ujar Fuad.

Ia melanjutkan, pembicara lainnya yakni Mr. Ken Sano, Chairman ABJI (Asosiasi Bisnis Jepang-Indonesia) Hamamatsu, Jepang, menerangkan juga banyak peluang terbuka dalam kerjasama antara Jepang dan Indonesia. "Terakhir pembicara dari Mr. Yoshiyuki Haryu, Director, The MAJ Residences Bekasi Barat dan President Director, PT. Leopalace Duasatu Realty mempresentasikan produk baru mereka di dibidang property di daerah Bekasi," katanya.

Fuad menjelaskan, selain acara rutin sharing knowledge tahunan seperti aktivitas diatas, KAJI juga rutin membantu Corporate Social Responsibility (CSR) ke yayasan anak yatim piatu di daerah Bekasi, Karawang dan sekitarnya. "Kegiatan KAJI yang sudah di depan mata adalah menyelenggarakan event tahunan Sakura Matsuri ke-9, yang sudah masuk dalam kalender event tahunan Kabupaten Bekasi pada tanggal 4 sampai 5 April 2020 di Graha Pariwisata, Stadium Wibawa Mukti, Jababeka, Bekasi," katanya.

Ia menambahkan, acara ini yang didukung oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi, Bekasi Tourism Board (BPPD – Kabupaten Bekasi), Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Japan Foundation (JF), Japan External Trade Organization (JETRO), Japan National Tourism Organization (JNTO), Jakarta Japan Club (JJC), Cikarang Japan Club (CJC), The Association for Overseas Technical Cooperation and Sustainable Partnerships [AOTS], Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE) dan Jababeka Residence.
 

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA