Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

WNI di Natuna Pulang, Anggota DPR: Warga tak Perlu Cemas

Jumat 14 Feb 2020 15:03 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Esthi Maharani

Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, Hubei, China bersiap melakukan aktivitas pada hari ketigabelas di Hanggar Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Jumat (14/2/2020).

Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, Hubei, China bersiap melakukan aktivitas pada hari ketigabelas di Hanggar Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Jumat (14/2/2020).

Foto: Antara/Muhammad Adimadja
Warga tak perlu cemas karena WNI yang diobservasi di Natuna telah terbebas corona

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menjalani observasi akan kembali ke rumah masing-masing, Sabtu (15/2). Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo meminta agar masyarakat tidak perlu khawatir.

"Sekarang yang paling penting buat saudara kita yang telah di observasi tentu kita harus menerima mereka semua tanpa ada perlu rasa kawatir karena mereka sehat dan dinyatakan telah terbebas dari suspect corona, kita harus terima semua mereka apa adanya seperti saudara kita yang sehat lainya," kata Rahmad kepada Republika, Jumat (14/2).

Ia juga berharap agar masyarakat memberikan kepercayaan penuh kepada tim kesehatan yang telah melakukan observasi selama dua pekan ini. Selanjutnya pemerintah dan masyarakat diimbau untuk tetap meningkatkan kewaspadaan mengingat penyebaran virus tersebut belum mereda.

"Saat ini negara sudah dalam tindakan dan langkah yang benar dan tepat tinggal terus di tingkatkan kewaspadaannya," ujar politikus PDIP tersebut.

Sebelumnya Pemerintah menyatakan, sebanyak 238 WNI dari Provinsi Hubei yang tengah diobservasi di Natuna, Kepulauan Riau, dalam keadaan sehat dan tak terindikasi tertular virus korona baru (Covid-19). Dengan itu, mereka dijadwalkan pulang ke kampung halaman masing-masing pada Sabtu (15/2) ini.

"Mereka yang diobservasi dan diperiksa medis, insya Allah semua sehat. Tinggal kita siapkan agar keluarga dan masyarakat di lingkungan tempat mereka tinggal serta mau menerima kepulangannya" ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam keterangan, Kamis (13/2).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga meminta masyarakat bersedia menerima sembilan warga Jateng yang segera selesai menjalani masa observasi di Natuna. Ia juga berpesan kepada masyarakat agar tidak mengucilkan sembilan warga Jateng hanya karena takut tertular virus korona.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, mereka akan segera pulang ke rumah masing-masing. Menurut saya, dua minggu dikarantina di Natuna sudah mengukur bahwa program inkubasinya sudah selesai dan dinyatakan sehat serta boleh pulang," katanya di Kabupaten Boyolali, Rabu

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA