Jumat, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 Februari 2020

Jumat, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 Februari 2020

Setelah Absen Delapan Tahun, Festival Cap Go Meh Digelar

Jumat 14 Feb 2020 22:03 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hiru Muhammad

Festival Cap Go Meh menjadi hiburan warga kota Sukabumi

Festival Cap Go Meh menjadi hiburan warga kota Sukabumi

Foto: dok Riga Nurul Iman
Festival Cap Go Meh diharapkan dapat mempererat persatuan bangsa

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Festival Cap Go Meh 2020 di Kota Sukabumi  Jumat (14/2) berlangsung semarak sejak siang hingga sore. Ribuan warga memadati jalanan protokol yang dilintasi parade atau pawai kesenian Cap Go Meh.

Festival Cap Go Meh di Kota Sukabumi terakhir digelar pada 2012 atau delapan tahun lalu. Kegiatan ini dihadiri Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, dan unsur Forkopimda.

Festival Budaya Cap Go Meh dipusatkan di Vihara Widhi Sakti Jalan Pejagalan Nomor 20 Kota Sukabumi. Selanjutnya digelar kirab Festival Cap Go Meh yang terdiri dari atraksi barongsai, liong, marching band, calung, dan lain sebagainya yang dilepas wali kota menyusuri jalanan Kota Sukabumi.

"Acara ini hasil kolaborasi pemda, aparat keamanan dan seluruh elemen masyarakat Sukabumi," ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Gelaran ini semoga makin menunjukkan adanya keberkahan bagi kota dari waktu ke waktu.

Fahmi menerangkan, Sukabumi merupakan kota terkecil di Jabar baik dari sisi luas wilayah 48 kilometer persegi dan sedikit dari jumlah penduduk 344 ribu penduduk. Akan tetapi patut berbangga meskipun luas wilayah kecil dan warga sedikit tapi dianugerahi berbagai keanekeragaman seni budaya salah satunya Cap Go Meh.

Fahmi, mengajak bersama mempererat persatuan dan persaudaraan di tengah perbedaan yang ada. "Sudah 8 tahun tidak dilaksanakan festival Cap Go Meh dan kini bisa kembali digelar," ujar Fahmi. Karena sifatnya arak-arakan maka warga tetep menjaga ketertiban dan kebersihan. Ia tidak ingin Festival menghadirkan sampah dimana-mana dan mari bangun kebersamaan diantara semua elemen.

Michael Permana, Ketua Panitia Pelaksana Cap Go Meh 2571 / 2020 mengatakan, kegiatan Cap Go Meh terakhir dilaksanakan pada 2012 dan warga sangat antusias. "Kami pada tahun ini memberanikan diri melakanakan kegiatan dan mendapatkan respon positif," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA