Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Wabah Corona, Jepang Batalkan Perayaan HUT Kaisar Naruhito

Senin 17 Feb 2020 15:24 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini

Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako

Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako

Foto: Fumine Tsutabayashi/Kyodo News via AP
Acara peringatan HUT Kaisar Naruhito seharusnya digelar pada 23 Februari.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Jepang akan membatalkan pertemuan publik untuk merayakan hari ulang tahun  (HUT) Kaisar Naruhito. Hal itu dilakukan sehubungan dengan penyebaran wabah virus corona atau Covid-19.

"Mengingat berbagai situasi, kami telah memutuskan untuk membatalkan kunjungan oleh masyarakat umum ke istana untuk ulang tahun Yang Mulia (Kaisar Naruhito). Penampilan Yang Mulia di pagi hari serta penandatanganan buku sambutan secara publik akan dibatalkan," kata badan rumah tangga kekaisaran Jepang dalam sebuah pernyataan pada Senin (17/2), dikutip laman the Straits Times.

Acara peringatan ulang tahun Kaisar Naruhito seharusnya dilaksanakan pada 23 Februari. Itu seharusnya menjadi acara perayaan perdana sejak dia naik takhta tahun lalu.

Baca Juga

Pada Ahad (16/2), Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato memperingatkan bahwa negara tersebut telah memasuki fase baru dari wabah Covid-19. Sejauh ini, Jepang setidaknya menangani 60 pasien virus tersebut.

"Kami ingin meminta publik untuk menghindari pertemuan yang tidak mendesak dan tidak penting. Kami ingin lansia dan mereka yang memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya untuk menghindari tempat-tempat ramai," ujar Kato.

Hingga Senin, jumlah warga China yang meninggal akibat virus corona telah mencapai 1.770 orang. Sementara, kasus infeksi virus mencapai 70.500 kasus. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA