Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Manchester United Mulai Dekati Zona Liga Champions

Selasa 18 Feb 2020 09:46 WIB

Red: Andri Saubani

Bek Manchester United, Harry Maguire (kanan) merayakan gol ke gawang Chelsea pada laga Liga Primer Inggris, di Stamford Bridge, Selasa (18/2) dini hari WIB.

Bek Manchester United, Harry Maguire (kanan) merayakan gol ke gawang Chelsea pada laga Liga Primer Inggris, di Stamford Bridge, Selasa (18/2) dini hari WIB.

Foto: EPA/Facundo Arrizabalaga
Manchester United menang 2-0 atas Chelsea pada pekan ke-26 Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Anggoro Pramudya

Baca Juga

Manchester United (MU) sukses mencuri tiga angka dari kandang Chelsea lewat kemenangan 2-0 pada lanjutan pekan ke-26 Liga Primer Inggris 2019/2020. Berlangsung di Stadion Stamford Bridger, Selasa (18/2) dua gol Setan Merah tercipta melalui penyerang Anthony Martial menit ke-45, dan bek tengah Harry Maguire pada menit ke-66.

Raihan tiga angka membuat MU naik ke peringkat tujuh klasemen sementara dengan perolehan nilai 38 dari 26 laga yang telah dilakoni. Sedangkan, Chelsea gagal menjauh dari kejaran Tottenham Hotspur.

The Blues masih tertahan di peringkat keempat dengan capaian nilai 41. Cesar Azpilicueta dan kolega hanya terpaut satu angka atas Tottenham di peringkat kelima.

Pada awal laga Chelsea langsung mengambil inisiatif serangan. Tampil di hadapan publik sendiri membuat London Biru tampil percaya diri.

Pada menit ke-11 Willian mendapatkan peluang pertamanya. Masuk dari sisi kanan pertahanan MU, sang pemain langsung melepaskan tembakan ke gawang lawan yang dikawal David De Gea. Sayang, bola masih melebar.

Memasuki pertengahan babak pertama MU mulai melakukan tekanan yang awalnya hanya mengandalkan serangan balik. Usaha pun dilakukan meski masih belun menemukan hasil apa pun. Termasuk, usaha Martial pada menit ke-37 yang melenceng dari kawalan Willy Cabalero.

Menit ke-45, MU berhasil membuka keunggulan lewat aksi penyerang asal Prancis, Anthony Martial. Gol pertama lahir lewat sundulan Martial menyambut umpan silang Aaron Wan-Bissaka dari sisi kanan. Skor 1-0 pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, the Roman Emperor berusaha tidak terpengaruh dengan keadaan tertinggal dari tamunya. Mereka masih terus mencoba menekan pertahanan MU untuk mencuri gol penyeimbang.

Chelsea bisa saja menyamakan kedudukan andai gol Kurt Zouma tidak dianulir oleh wasit. Gol bek tengah itu dinyatakan tidak sah oleh VAR karena ada pelanggaran terhadap Azpilicueta sebelum gol terjadi.

Setelah itu, petaka justru kembali ditelan anak asuh Frank Lampard. MU kembali berhasil merobek gawang Chelsea pada menitk ke-66. Kali ini Harry Maguire menjadi dalangnya.

Berawal dari umpan sepak pojok yang dilesakkan Bruno Fernandes, Maguire menyambut dengan sangat baik. Tanpa ada kesulitan eks bek Leicester City membawa MU unggul 2-0 sekaligus menutup laga dengan kemenangan.

photo
Klasemen Liga Primer Inggris



Gelandang tengah MU Bruno Fernandes sangat senang dengan kemenangan 2-0 timnya atas Chelsea. Akan tetapi, ia merasa MU masih bisa tampil lebih baik.

"Saya sangat senang. Ini pertandingan yang sulit melawan Chelsea. Mereka adalah tim yang hebat dan kami harus menang untuk menjaga, ttempat dalam jangkauan keempat," kata Fernandes dilansir laman resmi klub, Selasa (18/2).

Pesepak bola asal Portugal Pemain telah membuat awal yang mengesankan bersama the Red Devils, mengambil penghargaan Man of the Match dalam kedua penampilannya sejak bergabung dengan klub dari Sporting Lisbon pada mercato Januari 2020.

Teranyar, Fernandes berhasil menyumbangkan assist bagi terciptanya gol Harry Maguire melawan Chelsea. Itu merupakan assist pertamanya sejak bermain dengan MU pada dua pertandingan terakhir.

"Saya pikir kami bisa melakukan jauh lebih baik dengan bola tetapi itu pertandingan yang bagus melawan tim yang bagus. Mereka sangat bagus dengan penguasaan bola tetapi kami memainkan permainan kami dan menang," kata dia.

Sudah kalah, Chelsea juga harus kehilangan gelandang tengah N'Golo Kante. Pelatih Chelsea, Frank Lampard berharap yang terbaik bagi kesembuhan gelandang asal Prancis itu.

"Ini cedera adduktor. Itu tidak terlihat bagus, tetapi dia akan melakukan pemindaian," jelas Lampard dilansir Football London, Selasa (18/2).

Sebelumnya, Kante, sempat mengalami masalah hamstring pada Januari dan melewatkan beberapa pertandingan di awal musim karena masalah pangkal paha dan pergelangan kaki. Kini pesepak bola yang sukses membawa timnas Prancis juara Piala Dunia 2018 hanya bermain selama kurang lebih 12 menit sebelum digantikan oleh Mason Mount.

Tentu cedera tersebut menjadi pukulan telak bagi Chelsea. Pasalnya, pada laga ke depan mereka bakal menjalani beberapa partai penting seperti Tottenham Hotsput pada lanjutan liga, dan bentrok versus Bayern Muenchen di babak 16 besar Liga Champions sebelum melawan AFC Bournemouth, dan Liverpool.

9 fakta menarik kemenangan MU atas Chelsea dikutip Opta:

  • 2 Manchester United telah mencetak gol dengan dua tembakan tepat sasaran di pertandingan ini, mencetak dua gol sundulan di pertandingan Liga Primer untuk pertama kalinya sejak November 2017 melawan Newcastle
  • 2 Manchester United berhasil mengalahkan Chelsea dalam dua pertandingan selama semusim ganda sejak kampanye 1987/1988, sementara ini adalah pertama kalinya mereka melakukannya tanpa kebobolan sejak 1964/1965
  • 2 Chelsea tim kedua yang mendapat dua gol yang akhirnya dianulir oleh VAR dalam pertandingan Liga Primer, setelah sebelumnya Sheffield United kontra Brighton pada bulan Desember 2019
  • 3 Anthony Martial adalah pemain MU ketiga yang mencetak gol kandang dan tandang Liga Primer melawan Chelsea di musim yang sama, setelah Wayne Rooney di 2011/2012 dan Eric Cantona di 1992/1993
  • 4 Anthony Martial telah mencetak empat gol dalam tiga pertandingan terakhir Liga Primer melawan Chelsea
  • 5 Michy Batshuayi baru memulai lima laga di kompetisi Liga Primer untuk Chelsea, dan yang pertama di Stamford Bridge sejak Agustus 2017
  • 5 Chelsea telah kehilangan semua lima pertandingan liga kandang mereka ketika kebobolan gol pertama musim ini; hanya dua tim lain yang gagal mendapatkan satu poin di kandang ketika kebobolan pertama di Liga Primer musim ini, Norwich City dan West Ham United
  • 7 Chelsea telah kehilangan tujuh pertandingan kandang di semua kompetisi musim ini, yang terbanyak dalam satu kampanye sejak 1994/1995
  • 200 Odion Ighalo adalah pemain ke-200 yang membuat penampilan untuk MU di di Liga Primer Inggris, dan merupakan pemain Nigeria pertama yang melakukannya.

[video] Higlights laga dan gol Chelsea vs Manchester United

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA