Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Kemenpora Minta PSSI Siapkan Logo Piala Dunia U20

Senin 24 Feb 2020 03:45 WIB

Red: Didi Purwadi

Sesmenpora Gatot S Dewa Broto.

Sesmenpora Gatot S Dewa Broto.

Foto: republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Logo Piala Dunia U20 2021 akan menjadi representasi Indonesia di mata dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan PSSI telah memastikan kepanitiaan Piala Dunia U-20 tahun 2021 bernama Indonesia FIFA U-20 World Cup Organizing Committee (INAFOC). Setelah mendapatkan nama kepanitiaan, Kemenpora meminta PSSI untuk membuat logo resmi Piala Dunia U-20 2021.

''Harus ada unsur budayanya, mungkin seperti wayang, Candi Borobudur dan Merah Putih,'' ujar Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (21/2), seperti dikutip dari Antara. ''Logo itu akan diluncurkan oleh FIFA pada 23 Mei 2020.''

Meski tidak masuk Keppres, logo ini akan menjadi representasi Indonesia di mata dunia. Berbeda dengan nama INAFOC yang nantinya dimasukkan ke dalam Keputusan Presiden (Keppres). Rancangan atau drafnya disusun oleh Kemenpora.

Gatot mengatakan logo Piala Dunia U-20 yang dipakai saat ini hanya logo sementara. Logo tersebut dipakai untuk pengundian tuan rumah ke FIFA.

photo
Menpora Zainudin Amali (kanan) didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto memberikan keterangan pers terkait terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 di Kemenpora, Jakarta, Kamis (24/10/2019).
Pembenahan Infrastruktur
Indonesia terus berbenah untuk siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021. Turnamen akbar dua tahunan tersebut akan berlangsung pada 24 Mei-12 Juni 2021.

Dalam rapat terbatas terkait persiapan Piala Dunia U-20 tahun 2021 pada Januari lalu, Presiden Joko Widodo meminta seluruh pihak yang terlibat dalam persiapan Piala Dunia U-20 nanti berkiblat pada penyelenggaraan Asian Games (AG) 2018 lalu yang terbilang sukses. ''Saya juga minta betul-betul ini dicek ke lapangan harus betul-betul representatif untuk pertandingan kelas dunia,'' kata Presiden.

photo
Ketua PSSI Mochamad Iriawan (kanan) meninjau lapangan pendukung Piala Dunia U-20 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Ahad (9/2/2020).
''Dicek mulai dari lingkungan, lapangannya, tempat duduknya, ruang gantinya, toiletnya, sampai ruang media persnya yang betul-betul representatif," ujarnya.

Jokowi pun meminta kepada penyelenggara untuk secara cepat melakukan perbaikan dan renovasi terhadap fasilitas acara yang dinilai belum memenuhi standar. Ia juga mengingatkan agar ketersambungan antara stadion dengan sarana transportasi bagi para atlet dan ofisial benar-benar diperhatikan.

"Jangan sampai misalnya pertandingan terlambat gara-gara persoalan konektivitas,'' kata Jokowi. ''Oleh sebab itu, sarana dan prasarana akomodasi juga harus memiliki pelayanan yang kelas dunia.''

 

Persiapan Timnas
Kemenpora dan PSSI juga menyiapkan timnas yang akan tampil pada Piala Dunia U20 tahun 2021. Timnas U-20 tersebut berasal dari timnas U-19 yang sudah menjalani pemusatan pelatihan di Thailand pada akhir Januari.

 

Manajer pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-Yong, menilai timnas U-19 semakin percaya diri dalam pemusatan latihan (TC) di Thailand yang berlangsung sejak 20 Januari 2020. Menurut Shin, kepercayaan diri itu terlihat saat timnas U-19 menang 2-1 dalam laga uji coba melawan tim Kyung Hee University di Chiang Mai pada Rabu (29/1).

photo
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan instruksi saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020).
"Mereka bermain bagus sekali. Kepercayaan diri anak-anak semakin bertambah. Setiap hari mereka selalu menunjukkan semangatnya dalam berlatih," kata Shin.

Menurut pelatih asal Korea Selatan itu, Sutan Zico dan kawan-kawan mulai berani melakukan kontak fisik dengan pemain senior atau pemain berlevel di atas mereka. Padahal, timnas U-19 sedang kelelahan karena harus menjalani latihan fisik yang menguras tenaga.

Shin menegaskan skuat Garuda Nusantara akan terus berkembang seiring TC dan laga-laga uji coba yang diikuti. Timnas U-19 sudah menjalani total lima pertandingan uji coba di Thailand, dengan catatan empat kali kalah melawan Kyung Hee University (0-2), Seongnam FC (0-4), Busan IPark (1-5) dan Seongnam FC (1-4).

Kemenangan 2-1 atas Kyung Hee pada pertemuan kedua kemarin menjadi kemenangan perdana timnas U-19 di Thailand. Dua gol timnas dilesakkan bek Rizky Ridho Ramadhani dan Komang Trisnanda.

 

photo
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Gong Oh-kyun memberikan instruksi saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020).

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA