Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Peradi SAI akan Gelar Munas III untuk Pilih Caketum

Senin 24 Feb 2020 22:02 WIB

Red: Bayu Hermawan

Ketua Umum DPN Peradi Juniver Girsang bersama Wakil Ketua Umum Harry Ponto.

Ketua Umum DPN Peradi Juniver Girsang bersama Wakil Ketua Umum Harry Ponto.

Foto: Republika/Tahta Aidilla
Peradi SAI akan menggelar Munas ke-III untuk memilih caketum DPN Peradi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) di bawah kepengurusan Juniver Girsang akan menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) III Peradi Suara Advokat Indonesia (SAI) pada 28 Februari hingga 1 Maret 2020, bertempat di Mercure Convention Center Ancol, Jakarta. Munas itu akan memilih calon ketua umum DPN Peradi periode 2020-2025.

"Hingga saat ini, tercatat empat kandidat yang diusulkan menjadi calon ketua umum DPN Peradi. Mereka adalah Juniver Girsang, Harry Ponto, Hasanudin Nasution dan Patra M Zein," kata Ketua Pelaksana Munas, Patricia Lestari, di Jakarta, Senin (24/2).

Menurutnya, setiap calon ketua umum akan diusung oleh minimal 3 Dewan Pimpinan Cabang (DPC). Sementara syarat menjadi calon Ketua Umum Peradi, adalah sudah menjadi advokat selama 10 tahun, menjadi pengurus, dan minimal didukung 3 DPC.

"Para peserta akan memilih Ketua Umum secara digital. Jumlah peserta yang sudah mendaftar saat ini mencapai 700 orang. Berdasarkan target, peserta akan mencapai 1000 orang," ujarnya.

Perlu diketahui, bahwa Munas ini akan dilaksanakan dengan sistem digital. Jadi para peserta akan diberikan kartu, yang nantinya akan digunakan untuk akses masuk dan untuk voting. Patricia menjelaskan, nantinya untuk bisa memasuki area Munas, peserta harus memiliki akses berupa card. Adapun akses tersebut bakal digunakan untuk voting Ketua Peradi karena didesain khusus dengan barcode.

"Sistematika penggunaan kartu peserta dan tatacara dalam Munas ketiga ini akan kita jelaskan sekaligus kita peragakan cara penggunaannya pada hari H nanti," jelasnya.

Dengan card barcode peserta akan menggunakan hak suaranya secara e-voting serentak, dengan menggunakan handphone masing-masing, atau tablet yang disediakan oleh panitia. Munas Peradi Tahun 2020 ini mengangkat tema "Advokat Pada Era Industri 4.0".

"Rekapitulasi jumlah suara akan langsung ditampilkan atau real time pada layar besar (LED screen) yang disiapkan," kata Patricia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA