Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Evakuasi WNI Diamond Princess Tunggu Slot Penerbangan

Kamis 27 Feb 2020 16:28 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Ambulans meninggalkan pelabuhan tempat kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina berlabuh pada hari Ahad, (16/2), di Yokohama, dekat Tokyo.

Ambulans meninggalkan pelabuhan tempat kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina berlabuh pada hari Ahad, (16/2), di Yokohama, dekat Tokyo.

Foto: AP/Jae C Hong
Menkes sebut WNI Kapal Pesiar Diamond Princess diputuskan akan dijemput pesawat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Evakuasi terhadap 68 warga negara Indonesia yang berada di kapal Diamond Princess di Yokohama, Jepang, terkait virus COVID-19, tinggal menunggu slot penerbangan. Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan Agus Putranto di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/2).

"Sudah diputuskan untuk segera dijemput dengan pesawat. Pesawatnya sudah mulai disiapkan untuk mulai bisa terbang ke Jepang. Kita baru negosiasi untuk mendapat slot penerbangannya," kata Terawan.

Ia menambahkan para WNI di kapal Diamond Princess akan dievakuasi menggunakan pesawat berbadan lebar (wide body). Pemerintah Indonesia menginginkan evakuasi dapat langsung dilakukan dari Jepang ke Indonesia tanpa transit.

"Jadi nomor satu kita baru nego ke Jepang untuk dapat slot penerbangannya. Kan harus dapat slot. Yang paling penting adalah akan segera dievakuasi," ungkap dia.

Adapun evakuasi kemungkinan akan dilakukan satu dua hari ke depan, segera setelah slot penerbangan diperoleh.

Terawan menekankan seluruh WNI yang dievakuasi akan dipastikan dalam kondisi sehat. Ketika tiba di tanah air, mereka akan tetap menjalani proses observasi.

"Kemungkinan di Pulau Sebaru lagi. Kita masih bicara terus. Apakah nanti dengan kapal atau bagaimana. Yang penting yang paling nyaman dan ABK bisa melewati observasi dengan sehat," terang Terawan.

Pemerintah tengah berupaya mengevakuasi ratusan WNI yang berada di dua kapal, yakni 188 WNI dari kapal World Dream di Hongkong dan 68 WNI yang berada di kapal Diamond Princess di Yokohama, Jepang.

Sebanyak 188 WNI dari kapal World Dream telah dievakuasi menggunakan KRI Dr Soeharso dan tiba di Tanah Air, Jumat (28/2) siang dan diobservasi di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Sementara 68 WNI dari kapal Diamond Princess akan dievakuasi menggunakan pesawat berbadan lebar, dan masih menanti slot penerbangan serta kemungkinan juga akan diobservasi di Pulau Sebaru.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA